Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tersisa Kurang Dari Tiga Pekan, KPU Gelar Bimtek PSU Pilgub Kalsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 22 Mei 2021, 20:32 WIB
Tersisa Kurang Dari Tiga Pekan, KPU Gelar Bimtek PSU Pilgub Kalsel
Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk jajaran KPU Kabupaten/Kota dan PPK di Kalimantan Selatan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel), pada Sabtu (22/5)
rmol news logo Pemungutan dan Penghitungan Suara Ulang (PSU) untuk Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) sudah mendekati hari h pelaksanaan.

Berdasarkan kalender pelaksanaan KPU yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), PSU Pilgub Kalsel bakal digelar pada 9 Juni mendatang. Artinya, kurang dari tiga pekan pelaksanaan teknis pemilihan akan dilangsungkan.

Menyiapkan hal tersebut, KPU menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk jajaran KPU Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan dan termasuk PPK, pada Sabtu (22/5).

Dalam akun Twitter resmi KPU RI, dijelaskan bahwa Bimtek untuk PSU Pilgub Kalsel ini disampaikan oleh Komisioner KPU, Evi Novida Gintng Manik.

"Kegiatan ini diikuti KPU Kabupaten / Kota dan PPK di Kalimantan Selatan yang akan menyelenggarakan PSU 9 Juni mendatang," jelas akun Twitter KPU sesaat lalu.

"Evi menekankan pentingnya menegakkan asas dan prinsip pemilu agar pelaksanaan PSU berjalan lancar," demikia kicauan penutup akun Twitter KPU RI.

Adapun berdasarkan amar putusan MK terhadap perkara sengketa Pilgub Kalsel yang teregistrasi dengan nomor 124/PHP.GUB-XIX/2021, maka KPU harus melaksanakan PSU paling lambat 60 hari sejak putusan dibacakan tanggal 19 Maret 2021.

Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk perkara sengketa pemilihan gubernur (pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) dikabulkan sebagian, yakni dengan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) 827 TPS yang tersebar di 107 kelurahan/desa di tujuh kecamatan dalam lingkup tiga kabupaten/kota di Kalsel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA