Farah.ID
Farah.ID

Elektabilitasnya Disalip Demokrat, Golkar Salut Kisruh KLB Bisa Menjadi Bonus Elektoral

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 22 Mei 2021, 21:20 WIB
Elektabilitasnya Disalip Demokrat, Golkar Salut Kisruh KLB Bisa Menjadi Bonus Elektoral
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY)/RMOL
Hasil survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) yang menggambarkan elektablitas Partai Demokrat berada di posisi ketiga setelah PDI Perjuangan dan Gerindra.

Perolehan elektabilitas Demokrat yang sebesar 14,8 persen itu berada di atas perolehan Partai Golkar yang ada diurutan keempat, yaitu sebesar 10,40 persen dari total responden survei yang sebanyak 1.200 orang.

Hal ini ditanggapi Ketua Bappilu Partai Golkar Maman Abdurachman. Dia mengatakan, elektabilitas Partai Demokrat dan termasuk sosok AHY yang masuk enam besar capres 2024, tidak terlepas dari dinamika politik yang sempat terjadi.

Yaitu, kegiatan yang diklaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) yang terselenggara di Deliserdang, Sumatera Utara pada akhir Maret lalu.

"Artinya pasca KLB itu suka atau tidak suka, direncanakan atau tidak direncanakan itu memberikan insentif cukup signifikan," ujar Maman saat menjadi pembicara dalam rilis survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) bertema "Sumber Kepemimpinan Nasional: Menuju 2024" pada Sabtu (22/5).

Maman pun mengaku salut pada Partai Demokrat yang bisa mengatasi goncangan politik dan menjadikan dinamika itu sebagai pendongkrak elektabilitas.

"Jadi saya ucapkan selamat Partai Demokrat yang sudah mendapatkan bonus elektoral dari dinamika partai kemarin," ucapnya.

"Jadi selain (elektabilitas) partai naik, (elektabilitas) Mas AHY juga naik," demikian Maman menambahkan.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA