Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MUI Serahkan Bantuan Tahap I Senilai Rp 19 Miliar Untuk Pembangunan RS Di Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 24 Mei 2021, 17:57 WIB
MUI Serahkan Bantuan Tahap I Senilai Rp 19 Miliar Untuk Pembangunan RS Di Palestina
Penyerahan bantuan untuk RS Indonesia Hebron di Aula Gedung MUI Pusat, Jakarta, Senin (24/5)/Net
rmol news logo Majelis Ulama Indonesia secara simbolik menyerahkan bantuan dana tahap 1 untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH), sebesar Rp 19 miliar kepada Walikota Hebron, Tayser Abu Sneineh.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua Umum MUI Pusat KH. Miftachul Akhyar kepada Dutabesar Negara Palestina untuk Republik Indonesia, Zuhair Al-Shun di Aula Gedung MUI Pusat, Jakarta, Senin (24/5).

Pada 20 Januari 2020, pengurus MUI Pusat telah berinisiatif memberi bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina berupa sebuah rumah sakit. Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara pimpinan MUI Pusat yang diwakili oleh KH Dr. Muhyidin dengan Walikota Hebron, di Amman, Yordania. Dutabesar RI untuk Negara Palestina, berkedudukan di Amman, Yordania menjadi saksinya.

Dicapai sebuah kesepakatan antara pengurus MUI Pusat dengan Walikota Hebron untuk pembangunan RSIH dimana pihak Pengurus MUI Pusat akan menyediakan dan mengupayakan biayanya sebesar Rp 100 miliar dari donasi kemanusiaan seluruh masyarakat Indonesia, sementara pihak Walikota Hebron akan menyediakan lahannya seluas 4000 meter persegi.

Pasca penandatanganan MoU tersebut, pengurus MUI Pusat, dalam hal ini Panitia Pembangunan RSIH pada Februari hingga Desember 2020 telah mengadakan kegiatan penggalangan dana dan berhasil terkumpul sebesar Rp 2 miliar.

Setelah pengurus MUI Pusat periode 2020 hingga 2025 terbentuk, dibentuk pula kepanitiaan Pembangunan RSIH yang diketuai oleh Sudarnoto Abdul Hakim, Ketua MUI Pusat Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional.

Pada 17 Mei 2021, Sudarnoto mencanangkan “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan Untuk RSIH Palestina” dalam rangka mengajak dan mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk berdonasi bagi segera terwujudnya RSIH.

Sejak dicanangkan, dana sebanyak Rp 17 miliar berhasil dikumpulkan pada Minggu (23/5). Sehingga total dana yang terkumpul bersama periode kepengurusan yang lalu mencapai Rp 19 miliar, yang kemudian diserahkan secara simbolik kepada Dutabesar Negara Palestina di Jakarta, Zuhair Al Shun.

Namun demikian, penggalangan dana belum berakhir. MUI melalui Panitia Pembangunan RSIH secara bertahap akan menyerahkan bantuan tersebut kepada pihak Palestina melalui mekanisme yang akuntabel, bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Amman yang merangkap untuk Negara Palestina.

Atas alasan itu, MUI melalui Panitia Pembangunan RSIH terus mengharapkan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memberikan donasi melalui rekening MUI di BNI Syariah nomor 0842531400.

Donasi yang telah diberikan dapat disampaikan kepada dua  narahubung Panitia Pembangunan RSIH, yaitu Erni Juliana (08111061668) dan Amirah Nahrawi (08179913136).

Pembangunan RSIH ini merupakan salah satu bentuk ungkapan solidaritas dan dukungan MUI bagi perjuangan bangsa Palestina dalam mencapai kemerdekaannya dan dalam menghadapi agresi penjajahan Israel.

Dukungan MUI tidak hanya diwujudkan dalam bentuk bantuan kemanusiaan saja, tetapi juga dukungan politis melalui Pemerintah RI agar terus menjadi garda terdepan dalam penyelasaian damai agresi penjajahan Israel yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

MUI juga berkomitmen untuk senantiasa siap memfasilitasi rujuk nasional Palestina karena MUI yakin bahwa tanpa persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa Palestina maka agresi penjajahan Israel atas Palestina tidak akan bisa dihentikan.

MUI yakin, dengan dukungan penuh dan solidaritas seluruh bangsa Indonesia, niat baik bangsa Indonesia untuk membantu bangsa Palestina dapat berhasil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA