Farah.ID
Farah.ID

Komisi II Segera Panggil BKN Dan Kemenpan RB Untuk Klarifikasi 97 Ribu PNS Misterius

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 25 Mei 2021, 14:57 WIB
Komisi II Segera Panggil BKN Dan Kemenpan RB Untuk Klarifikasi 97 Ribu PNS Misterius
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa/RMOL
Komisi II DPR RI akan memanggil Badan Kegawaian Nasional (BKN) dan Kementerian PAN-RB soal 97 ribu data pegawai negeri sipil (PNS) misterius.

"Kami panggil minggu depan untuk mengklarifikasi," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/5).

Saan mengatakan, pemanggilan itu penting untuk meminta penjelasan bagaimana bisa data misterius itu masih bertahan dan disebutkan sudah ada sejak tahun 2014.

Pasalnya, kata legislator Partai Nasdem ini, ada banyak kerugian negara dari segi finansial karena harus membayar gaji dan uang pensiun PNS misterius tersebut.

"Itu kan tahun 2015 terkait soal data misterius, terkait dengan 97 ribu PNS. Jadi itu sedang kita klarifikasi dan kita akan panggil BKN dan Kemenpan RB," terangnya.

"Karena banyak sekali kerugian-kerugian yang didapatkan negara (dengan adanya data PNS misterius)," pungkasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana sebelumnya menyebutkan, setidaknya ada 97 ribu data PNS misterius mendapatkan uang gaji dan pensiun.

“Ternyata hampir 100 ribu, tepatnya 97 ribu data itu misterius. Dibayarkan gajinya, membayar iuran pensiun, tapi tidak ada orangnya,” kata Bima, Senin (24/5).
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA