Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bambang Pacul Ungkit Peran "Panglima Tempur" Puan Maharani Saat Menangkan Ganjar Di Pilgub 2013

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 25 Mei 2021, 17:22 WIB
Bambang Pacul Ungkit Peran "Panglima Tempur" Puan Maharani Saat Menangkan Ganjar Di Pilgub 2013
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto/RMOL
rmol news logo PDI Perjuangan tidak mau ambil pusing dengan keunggulan Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden idaman versi beberapa lembaga survei.

Bahkan, elektabilitas Ganjar berada di atas Puan Maharani yang disebut-sebut tengah disiapkan PDIP sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto justru mengungkit bagaimana elektabilitas Ganjar yang masih rendah saat hendak mengikuti Pilgub Jawa Tengah pada tahun 2013 silam.

Bambang mengungkapkan, kala itu kemenangan Ganjar dibantu oleh politisi utama PDIP, Puan Maharani yang turun langsung menjadi komandan tempur Ganjar.

"Waktu itu, kalau enggak salah itu elektoralnya Pak Ganjar baru 3 persen. Dan itu mohon maaf saya jelaskan, yang menjadi panglima tempurnya Jawa Tengah, komandan tempurnya Jawa Tengah waktu itu namanya Puan Maharani," ujar Bambang Pacul biasa dia disapa, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/5).

Diceritakan Bambang Pacul, saat itu Puan sendiri yang menginginkan menjadi komandan tempur agar Ganjar menang Pilgub Jateng. Bahkan, ketua DPR itu langsung meminta izin kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Dalam rapat dewan pimpinan pusat partai, Mba Mbak Puan menyatakan, 'Ibu Ketua Umum, mohon izin kalau yang ditetapkan (calon) gubernur Ganjar, biarkan saya menjadi panglima tempurnya di sana'. Itu Mba Puan ngomong," jelas dia menceritakan.

Lebih jauh, Bambang Pacul membeberkan bahwa Ganjar hanya punya dana Rp 600 juta untuk nyalon di Pilgub 2013. Namun, berkat Puan Maharani dia akhirnya bisa menjadi Gubernur Jateng.

"Coba tanya Mas Ganjar pas nyalon dulu duitnya berapa, Rp 600 juta dan kita tidak terima dan silahkan dipakai untuk jalan-jalan. Toh akhirnya dalam waktu 3,5 bulan di-racing pertempuran penuh dipimpin dengan Puan Maharani, jadi tuh Ganjar. Itu fenomenal," bebernya.

Sehingga, kata Bambang Pacul, keunggulan Ganjar di atas Puan dalam survei belakangan ini bukanlah satu hal yang harus dianggap serius dan dipusingkan.

"Mohon maaf belum ada peperangan. Coba nanti, kalau Ibu Ketua (Megawati Soekarnoputri) bilang 'kau racing itu Puan Maharani (untuk capres 2024)'. Wah pasti kita gaspol," ucap Sekretaris Fraksi PDIP itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA