Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fraksi PPP: Rencana Kenaikan PPN Jangan Sampai Ganggu Pemulihan Ekonomi Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 26 Mei 2021, 11:30 WIB
Fraksi PPP: Rencana Kenaikan PPN Jangan Sampai Ganggu Pemulihan Ekonomi Nasional
Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PPP, Amir Uskara/Net
rmol news logo Fraksi Partai Persatuan Pembangunan di DPR RI akan terus mengkaji rencana Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yang akan menaikkan nilai pajak pertambahan nilai (PPN).

"Rencana kenaikan tarif PPN oleh pemerintah selanjutnya masih akan dibahas bersama," ujar anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PPP, Amir Uskara kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (26/5).

Amir menyebutkan, realita pada saat ini memang negara tengah membutuhkan stimulus lebih dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Pun juga dengan penerimaan pajak, kata dia, saat ini masih berada dalam posisi tren negatif.

"Memang negara sedang membutuhkan dana dalam rangka stimulus ekonomi dan belanja kesehatan. Di satu sisi rasio pajak mengalami penurunan bahkan sempat mencapai 8,3 persen di 2020 atau trennya terus menurun," jelasnya.

Meski bertujuan menambah penerimaan negara, lanjutnya, pemerintah harus mempertimbangkan roda ekonomi masyarakat dengan rencana kenaikan PPN tersebut.

Pasalnya, ketika roda ekonomi masyarakat terganggu dan daya beli turun karena pajak naik, maka pemulihan ekonomi yang tengah dilakukan pemerintah pun bisa terganggu.

"Pertumbuhan ekonomi yang sudah on track dalam fase pemulihan bisa kembali melambat," ucapa Amir Uskara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA