Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Direksi BPJS Kesehatan Didesak Lakukan Forensik Digital Untuk Cari Penyebab Dugaan Kebocoran Data

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 26 Mei 2021, 15:49 WIB
Direksi BPJS Kesehatan Didesak Lakukan Forensik Digital Untuk Cari Penyebab Dugaan Kebocoran Data
Anggota Komisi IX DPR RI, Intan Fauzi/Net
rmol news logo Sejumlah spekulasi diperdebatkan mengenai penyebab bocornya data pengguna BPJS Kesehatan. Mulai dari sengaja dibocorkan hingga dugaan adanya peretasan pada sistem.

Anggota Komisi IX DPR RI, Intan Fauzi pun mendesak kepada jajaran Direksi BPJS Kesehatan untuk melakukan penyelidikan forensik digital untuk memastikan adanya peretasan pada sistem.

"Saya mendesak direksi bersama Dewas BPJS Kesehatan untuk segera melakukan forensik digital dan investigasi baik internal maupun eksternal, serta membuat klarifikasi secara transparan kepada publik," ujar Intan Fauzi kepada wartawan, Rabu (26/5).

Selain investigasi internal BPJS Kesehatan, Intan juga berharap pemerintah bersama aparat penegak hukum berwenang dapat melakukan pengusutan serupa secara menyeluruh.

Jika dalam pengusutan dan ditemukan adanya kebocoran data yang disengaja, kata Intan, maka harus ada pihak yang bertanggung jawab dari pihak BPJS Kesehatan.

Lanjut legislator PAN ini, pertanggungjawaban itu sesuai PP 71/2019 dan Peraturan Menkominfo 20/2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

"Sesuai aturan tersebut, jika ada kebocoran maka BPJS Kesehatan sebagai PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) wajib bertanggung jawab dan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada pemilik data pribadi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA