Farah.ID
Farah.ID

Tindaklanjuti Aduan KAMI Soal TKA China, Komisi IX Akan Terjun Ke Morowali Dan Beri Masukan Ke Pemerintah

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 27 Mei 2021, 14:31 WIB
Tindaklanjuti Aduan KAMI Soal TKA China, Komisi IX Akan Terjun Ke Morowali Dan Beri Masukan Ke Pemerintah
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena/Net
Pimpinan dan anggota Komisi IX DPR RI menerima audiensi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) terkait serbuan tenaga kerja asing dari China yang masuk ke Indonesia.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, dari pihak KAMI yang hadir antara lain Addhie Massardi, Gde Siriana, MS Kaban, Marwan Batubara, M. Said Didu dan Sadun.

Sedangkan dari pihak Komisi IX hadir Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, serta para anggota Komisi IX seperti Sri Meliyana, Krisdayanti, Netty Aher, dan Mesakh Mirin.

Para punggawa KAMI melakukan audiensi kepada Komisi IX perihal protes KAMI terhadap pemerintah yang memasukkan TK China pada industri mineral nasional. Pasalnya, dalam kasus ini tenaga kerja lokal dan pribumi terpinggirkan.

Melki menyampaikan bahwa pihaknya akan meindaklanjuti laporan dari KAMI tersebut, dan akan melakukan peninjauan ke sejumlah wailayah di Indonesia yang memiliki ribuan TK China.

"Kami akan menindaklanjuti masukan yang disampaikan pimpinan KAMI dan nantinya kami akan pergi ke Morowali, Sulawesi Utara untuk memastikan hal tersebut sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan sehingga isu terkait dari luar negeri khususnya dari Cina ini bisa kita respons dengan tepat," ucap Melki usai pertemuan dengan para petinggi KAMI, di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (Kamis, 27/5).

Politisi Partai Golkar itu juga akan memberikan masukan kepada pemerintah terkait adanya tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia agar tenaga kerja Indonesia tidak tersingkirkan, sebagaimana yang disesalkan oleh para anggota KAMI.

"Kami akan memberikan masukan kapada pemerintah sebagaimana penanganan dan pengelolaan tenaga asing di tanah air," ucap Melki.

ARTIKEL LAINNYA