Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo: Pembangunan Jaringan 5G Se-Indonesia Jadi Tonggak Infrastruktur Telekomunikasi Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 27 Mei 2021, 20:28 WIB
Menkominfo: Pembangunan Jaringan 5G Se-Indonesia Jadi Tonggak Infrastruktur Telekomunikasi Nasional
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate bersama pejabat Telkomsel dalam acara peresmian 5G Telkomsel, di Vertical Garden the Telkom Hub, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Mei/Repro
rmol news logo Teknologi telekomunikasi modern dengan memanfaatkan jaringan koneksi generasi kelima (5G) bakal dibangun secara merata oleh pemerintah.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate meyakini Indonesia bakal memasuki babak baru teknologi telekomunikasi, karena infrastruktur digital nasional akan ditopang dengan jaringan 4G dan 5G secara simultan.

"Saya ingin memastikan roll out 5G Telkomsel yang dilakukan hari ini juga tetap berjalan operasi simultan bersama jaringan 4G, karena pembangunan 5G secara merata di seluruh wilayah tanah air justru yang akan menjadi tonggak-tonggak penting infrastruktur telekomunikasi nasional kita," ujarnya dalam peresmian 5G Telkomsel, di Vertical Garden the Telkom Hub, Jakarta Pusat, Kamis (27/05).

Johnny menyebut peresmian jaringan 5G oleh Telkomsel merupakan hari bersejarah untuk Indonesia. Pasalnya, sudah banyak harapan yang diterima baik dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, komunitas bisnis, komunitas masyarakat, dan masyarakat umum mengenai kehadiran 5G untuk memenuhi kebutuhan di era teknologi digital.

"Ini tanda-tanda baik, sekaligus tantangan yang luar biasa apabila memahami implikasi harapan itu. Hari ini hari yang luar biasa, di mana kita mengawali deployment 5G dengan tetap menjaga dan mempertahankan agar internet link rasio, agar disparitas internet antar wilayah negara kita, tetap terjaga dengan baik," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Johnny juga menyampaikan kebanggaan dan apresiasi melihat keseriusan dari Telkomsel yang mengambil langkah cepat untuk mengawal pembangunan 5G di Indonesia.

Namun, Menkominfo menegaskan perlunya persiapan yang matang dengan pertimbangan dan keputusan bisnis yang future oriented, melihat kedepan, menantang dan menerima peluang sebagai arena baru telekomunikasi nasional.

"Dalam riwayat dunia, Indonesia mengambil bagian sebagai negara yang sudah operasi komersial untuk 5G, dengan semua konsekuensinya, baik dampak-dampak positif, peluang dan harapan maupun dampak buruk dan tantangan-tantangannya yang harus kita atasi," jelasnya.

"Harapan masyarakat kita, transformasi digital, migrasi rakyat dari ruang fisik ke ruang digital sudah luar biasa di Indonesia. Setidaknya 196 juta warga internet Indonesia, satu peluang dan space digital yang luar biasa besar di era di saat di mana terjadi tantangan pandemi Covid-19," demikian Johnny menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA