Farah.ID
Farah.ID

Cipta Panca Ke Sekjen PDIP: Kalau Kepepet Korupsi Bansos, Jangan Bawa-bawa SBY Dan Demokrat!

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 29 Mei 2021, 10:10 WIB
Cipta Panca Ke Sekjen PDIP: Kalau Kepepet Korupsi Bansos, Jangan Bawa-bawa SBY Dan Demokrat!
Politikus Partai Demokrat, Cipta Panca Laksana/Net
Pernyataan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto yang mengungkit mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dahulu mendapatkan julukan 'Bapak Bansos Indonesia', menuai reaksi beragam dari para kader Partai Demokrat.  

Politikus Partai Demokrat, Cipta Panca Laksana menilai pernyataan anak buah Megawati Soekarnoputri itu seperti menunjukkan bahwa PDIP tengah dalam kondisi terdesak akibat para kadernya terjerat kasus korupsi bansos Covid-19.

Diketahui, eks Mensos yang juga Wakil Bendahara Umum PDIP, Juliari P. Batubara menjadi tersangka kasus korupsi dana bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek. Selain Juliari, beberapa kader PDIP lainnya beberapa kali diperiksa dalam kasus korupsi dana bansos Covid-19 tersebut.

"Saran saya kalau PDIP kepepet karena korupsi bansos, jangan bawa-bawa SBY dan Partai Demokrat," ujar Cipta Panca kepada redaksi yang juga dia posting di akun Twitter @panca66, Sabtu (29/5).

Lagipula, kata Cipta Panca, program bansos ala SBY dan Partai Demokrat yang terkenal di mata rakyat itu bukanlah bagi-bagi sembako seperti sekarang, melainkan cash delivery transfer atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) tepat sasaran.

"Itu untuk mencegah potensi penyelewengan dibanding bagi-bago sembako yang sangat rentan dikorup seperti yang dilakukan kader utama PDIP," ucap Cipta Panca merujuk Juliari Batubara.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto sebelumnya mengungkit mantan Presiden SBY yang dahulu mendapatkan julukan "Bapak Bansos Indonesia". Hal itu, kata Hasto, lantaran pada penyelenggaraan Pemilu 2009 diwarnai dengan manipulasi berupa politisasi bansos ala mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra.

"Pada 2009 saya jadi saksi bagaimana manipulasi dapat itu dilakukan, bagaimana politik bansos ala Thaksin itu dilakukan sehingga ada yang menjuluki SBY itu 'Bapak Bansos Indonesia'," kata Hasto dalam diskusi yang digelar PARA Syndicate, Jumat (28/5).

ARTIKEL LAINNYA