Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cermati Persoalan Stunting Di Jakarta, Megawati Minta Risma Menghadap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 31 Mei 2021, 03:21 WIB
Cermati Persoalan Stunting Di Jakarta, Megawati Minta Risma Menghadap
Darikiri ke kanan: Ketua DPP PDIP sekaligus Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri/Net
rmol news logo Persoalan kekerdilan pada anak (stunting), ternyata menjadi satu masalah yang disoroti Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Dia menyatakan, kaum perempuan mesti memikirkan isu stunting yang salah satu faktornya adalah kekurangan gizi.

Salah satu daerah yang disoroti Megawati terkait persoalan stunting ini adalah Provinsi DKI Jakarta. Dia bercerita mengenai satu keluarga di Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang kehidupannya kekurangan, sehingga sulit memenuhi gizi yang seimbang.

"Bayangin di Jakarta Pusat, di Cempaka Putih, ada tanah barangkali tidak sampai 500 meteran. Itu yang tinggal disitu keluarga yang hidup di bedeng-bedeng," ujar Megawati dalam acara peresmian 25 kantor baru PDIP secara virtual, Minggu (30/5).

Dalam pidatonya tersebut, Presiden RI kelima ini mengajak Menteri Sosial, Tri Rismaharini untuk menengok langsung keluarga yang ia ceritakan tersebut.

"Dengerin itu mbak, ntar saya kasih lihat tempatnya. Coba bayangkan Mbak Risma, itu bedeng kerjaan itunya apa. Jadi jualan makanan di gerobak tapi anaknya ada tiga. Kalau ditanya kehidupannya, padahal itu orang daerah," ungkap Megawati.

Putri proklamator sekaligus Presiden RI pertama Soekarno ini menilai, persoalan stunting di Ibu Kota bukan hanya disebabkan karena pengidupan masyarakat di Jakarta, tapi juga soal isu urbanisasi atau perpindahan masyarakat desa ke kota demi mencari hidup.

Megawati meminta pemerintah agar ditelaah alasan mengenai stumting kaitannya dengan urbanisasi ini. Sehingga, masyarakat merasa tak bisa menghidupi diri jika tetap tinggal di desa.

"Maksud saya persoalan urbanisasi benernya piye ya? Sampai saya ngomong ke Pak Jokowi. Ini gimana kok pasti nyari makan di kota-kota besar," ungkapnya.

Karena itu, Megawati meminta Risma yang juga selaku Ketua DPP PDIP, untuk menghadap bertemu dengannya untuk membahas masalah hal ini dalam konteks kesenjangan sosialnya.

"Ayo Mbak Risma yang kuat. Pokoknya nanti datang ya ketemu saya. Saya mau ketemu," demikian Megawati menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA