Farah.ID
Farah.ID

Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Hindari Proteksionisme Berkedok Isu Lingkungan

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 31 Mei 2021, 11:59 WIB
Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Hindari Proteksionisme Berkedok Isu Lingkungan
Presiden Joko Widodo/Net
Parameter pro lingkungan harus jelas serta dijalankan secara jujur dan transparan. Dengan dasar tersebut, Persiden Joko Widodo mengajak negara-negara di dunia bekerja sama untuk memastikan tercapainya pembangunan hijau di tataran global.

"Kita harus menghindari proteksionisme yang berkedok isu lingkungan,” ujarnya saat berpidato dalam Konferensi Tingkat Tinggi Partnering for Green Growth and the Global Goals 2030 Summit (KTT P4G) yang digelar di Korea Selatan, Minggu (31/5).

Pidato ini ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden pada hari ini, Senin (31/5).

Presiden Joko Widodo menekankan bahwa syarat fundamental untuk kesuksesan ekonomi hijau adalah kerja sama dan upaya untuk menyelesaikan masalah bersama, khususnya di tengah pemulihan pandemi virus corona.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mendorong agar enabling environment diwujudkan demi menciptakan sinergi antara investasi dan penciptaan lapangan kerja dengan pembangunan hijau.

Jokowi mengurai, pembangunan rendah karbon telah diterapkan di Indonesia. Bahkan menjadi bagian tak terpisahkan dari rencana pembangunan jangka menengah nasional.

"Indonesia juga telah meluncurkan UU Cipta Kerja sebagai wujud komitmen Indonesia untuk memastikan agar kemajuan ekonomi dan sosial masyarakat tidak merugikan lingkungan," ujarnya.

ARTIKEL LAINNYA