Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amanat Jokowi: Pancasila Harus Jadi pondasi Teknologi Yang Berkeindonesiaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 01 Juni 2021, 08:40 WIB
Amanat Jokowi: Pancasila Harus Jadi pondasi Teknologi Yang Berkeindonesiaan
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Peringatan Hari Lahir Pancasila harus jadi momentum untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Begitu pesan Presiden Joko Widodo saat memberi amanat di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (1/6).

Jokowi yang tampil dengan mengenakan baju adat dari Kabupaten Tanah Bumbu bertindak sebagai inspektur upacara hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa tantangan ke depan tidak semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia yang semakin berkembang pesat harus turut diwaspadai. Sebab bukan tidak mungkin menimbulkan rivalitas nilai-nilai, pandangan-pandangan, dan ideologi yang ada di sebuah negara.

Revolusi 4.0 dan perkembangan 5G akan membuah interaksi dunia semakin cepat. Kecepatan interaksi ini, di satu sisi juga bisa ditunggangi oleh ideologi transnasional masuk ke seluruh kalangan.

Atas alasan itu, Jokowi menekankan bahwa pendalaman Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa.

“Pancasila harus menjadi pondasi teknologi yang berkeindonesiaan,” tekan Jokowi.

Dalam upacara ini, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bertindak sebagai perwira upacara. Sementara Kolonel Infantri Muhammad Imam bertindak sebagai komandan upacara.

Secangkan  Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas untuk membacakan Pancasila dan Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks pembukaan UUD 1945. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA