Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Waspada, Teknologi Perluas Jangkauan Ideologi Transnasional Radikal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 01 Juni 2021, 12:02 WIB
Jokowi Waspada, Teknologi Perluas Jangkauan Ideologi Transnasional Radikal
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Perlu cara baru untuk memperluas dan memperdalam nilai-nilai Pancasila, khususnya di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini.

Pancasila perlu dijadikan pondasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga disrupsi teknologi tidak dimanfaatkan untuk memperluas ekspansi ideologi transnasional yang cenderung semakin meningkat.

Demikian pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri pada Selasa (1/6).

Jokowi mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi lanskap kontestasi ideologi.

Revolusi industri 4.0 menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi, dan bahkan berorganisasi dalam skala besar, lintas negara.

"Ketika konektivitas 5G melanda dunia, maka interaksi antardunia juga akan semakin mudah cepat. Kemudahan ini bisa digunakan oleh idelog-idelog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu," ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu dan aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA