Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sekjen Gerindra: Bung Karno Adalah Milik Kita Semua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 02 Juni 2021, 10:32 WIB
Sekjen Gerindra: Bung Karno Adalah Milik Kita Semua
Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani (kiri) berziarah ke makam Presiden pertama RI, Soekarno/Ist
rmol news logo Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani memimpin keluarga besar Partai Gerindra melakukan ziarah ke Makam Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, Selasa, 1 Juni 2021.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wakil Ketua MPR itu menyebutkan bahwa 1 Juni adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, bahkan menjadi hari lahir Pancasila dan Bung Karno, orang yang menggali Pancasila dan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya yang hari ini menjadi sebuah landasan bagi bangsa Indonesia.

Kini, Pancasila menjadi landasan bagi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara.

"Karena itu kami merasa Bung Karno adalah milik kita semua, milik bangsa Indonesia," ujar Ahmad Muzani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/6).

"Kami juga merasa Bung Karno adalah milik keluarga besar Partai Gerindra. Maka ziarah hari ini bagian dari rasa hormat kami yang tinggi kepada beliau," imbuhnya menambahkan.

Menurut Ahmad Muzani, warisan Bung Karno terbesar dan paling fundamental adalah Pancasila karena dengan Pancasila bangsa Indonesia bisa bersatu dan menghargai semua perbedaan dan kita bisa menjadi bangsa yang kokoh hingga sekarang.

"Tidak ada Pancasila tanpa Indonesia, dan tidak ada Indonesia tanpa Pancasila. Mudah-mudahan kita semua dapat menjalankan nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila," kata Ahmad Muzani.

"Yang tiada henti dari pesan Bung Karno adalah pentingnya bagi kita untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. tidak ada bangsa besar tanpa adanya kerukunan. Tidak ada bangsa yang besar tanpa ada persatuan. Tidak ada pembangunan jika tidak ada kerukunan dan kedamaian. Dalam sejarah, negara kuat selalu menjaga persatuan dan keutuhan negaranya" tuturnya.

Negara yang kuat adalah rakyatnya bersatu, saling menghormati semua perbedaan, dan selalu menjaga perdamaian. Dan itu yang menurut Sekjen Gerindra sebagai nilai luhur yang diwariskan Bung Karno.

Karena itu, Partai Gerindra sebagai kekuatan politik yang ikut menjaga negara maka sangat perlu untuk mengambil hikmah dari pesan Bung Karno itu. Karena menjaga keutuhan NKRI misalnya bukan sesuatu yang mudah.

"Gampang diucapkan tapi sangat sulit untuk dilaksanakan," sambung Ahmad Muzani menjelaskan maksud ziarah keluarga besar Partai Gerindra

Masih mengutip pesan Bung Karno, Trisakti yang telah dicetuskan mencakup bangsa yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini, sangat sesuai dengan semangat dari Partai Gerindra bahkan menjadi visi misi Partai Gerindra yang dituangkan dalam AD/ART.

"Tri Sakti Bung Karno tentang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidang kebudayan merupakan visi misi yang tertuang dalam AD ART Partai Gerindra," demikian Ahmad Muzani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA