Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Persiapan Pemilu 2024, KPU Jalin Kerja Sama Dengan BSSN Dan Garuda

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 03 Juni 2021, 00:32 WIB
Persiapan Pemilu 2024, KPU Jalin Kerja Sama Dengan BSSN Dan Garuda
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra saat penandatangan MoU dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang diwakili oleh Sekretaris Utama (Sestama) BSSN Syahrul Mubarak, di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Juni/Repro
Perhelatan pemilihan umum (Pemilu) pada tahun 2024 mulai disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menjalin kerja sama antar lembaga pemerintah dan juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada Rabu kemarin (2/6), KPU menandatangani nota kesepahaman (memorandum of  understanding/MoU) dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta dengan PT Garuda Indonesia (Perero) Tbk.

MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua KPU Ilham Saputra dengan Sekretaris  Utama (Sestama) BSSN Syahrul  Mubarak, serta Direktur Utama  PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Saputra, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Ilham menerangkan bahwa KPU sangat membutuhkan dukungan dari BSSN untuk mengatasi masalah peretasan maupun gangguan teknis dalam sistem informasinya.
 
Selain itu ia juga berharap, melalui kerja sama dengan BSSN KPU bisa memperbaiki penandatanganan elektronik untuk memudahkan proses rekap suara secara digital hingga level petugas pemilu yang paling bawah.

Sementara untuk kerja sama dengan Garuda Indonesia, Ilham menyatakan sangat membutuhkan jasa angkutan udara untuk pemilu 2024 nanti. Khususnya untuk keperluan penyaluran logistik Pemilu.

"Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini kami berharap ada sinergitas antar lembaga negara dan BUMN bisa semakin optimal," ucap Ilham.

"Optimalisasi ini penting sekali, karena KPU tidak bisa berdiri sendiri dalam menyelenggarakan pemilihan di seluruh Indonesia. Apalagi pada tahun 2024 nanti pemilu dan pilkada ini di tahun yang sama," tandasnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA