Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Yaqut Didesak Perjuangkan Anggaran Pendidikan Agama Yang Memihak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 03 Juni 2021, 11:43 WIB
Menteri Yaqut Didesak Perjuangkan Anggaran Pendidikan Agama Yang Memihak
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/Net
rmol news logo Kementerian Agama mengemban amanat konstitusi dalam mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan bangsa.

Namun begitu, anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf mengaku heran karena sejauh ini tidak mendapati fakta bahwa sistem pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama memperoleh anggaran yang berkeadilan dari negara.

Atas alasan itu, dia meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, khususnya Dirjen Pendidikan Islam agar melakukan lobi yang kuat terhadap Kementerian Keuangan sehingga memperoleh anggaran yang adil dan memihak.

“Sebab saya prihatin melihat pendidikan agama dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) yang nyaris tidak mendapat sentuhan pemerintah,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (3/6).

Ketua DPP PKS ini mengurai, dari total jumlah madrasah di Indonesia, 93 persennya didominasi oleh madrasah berstatus swasta sementara sisanya berstatus negeri.

Artinya, mayoritas masyarakat memiliki hak atas pendidikan yang harus dipenuhi di sana. Sehingga pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama, wajib memunculkan perhatian pada wilayah itu dengan menghadirkan keadilan anggaran bagi siapapun yang berhak mengenyam pendidikan, bahkan di madrasah swasta sekalipun.  

“Saatnya Menteri Agama menunjukan keberpihakan yang riil bagi masyarakat dengan menuntut keadilan anggaran dalam pendidikan,” tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA