Farah.ID
Farah.ID

Beri Ruang Pilpres Dua Putaran, Nasdem Tak Masalah Pemilu Digelar Februari 2024

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 03 Juni 2021, 12:35 WIB
Beri Ruang Pilpres Dua Putaran, Nasdem Tak Masalah Pemilu Digelar Februari 2024
Sekretaris Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Saan Mustopa/Net
Partai Nasdem tidak mempermasalahkan jadwal pemilu serentak (pileg dan pilpres) 2024 yang dimajukan ke Februari 2024 sebagai konsekuensi pilkada serentak digelar pada tahun yang sama.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merencanakan pemilu serentak digelar 21 Februari 2024 dan disusul pilkada serentak pada 20 November 2024.

"Kalau Nasdem secara prinsip tidak ada masalah," ujar Sekretaris Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Saan Mustopa, di Gedung Kura-kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6).

Perencanaan tersebut, kata Saan, memang perlu dipertimbangkan untuk menghindari adanya tahapan yang berhimpit pada saat pelaksanaan nanti.

"Kita ingin menghindari sebuah tahapan yang berhimpitan karena itu akan menambah beban kerja yang besar buat KPU dan Bawaslu, dan tentu juga nanti implikasinya kepada kualitas dari penyelenggaraan pemilu sendiri," terangnya.

Selain itu, sambung Wakil Ketua Komisi II DPR itu, hal yang perlu dipertimbangkan adalah potensi terjadi proses pilpres dua putaran.

"Jadi misalnya pilpres itu ada dua putaran karena memang lebih dari dua pasang, karena UU juga memberikan ruang untuk dua putaran maka kita asumsikan bahwa untuk dua putaran juga harus disediakan ruangnya," ucap Saan.

ARTIKEL LAINNYA