Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Haji Ditunda Lagi, PPP Minta Diplomasi Menteri Agama Ke Arab Saudi Diperbaiki

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 03 Juni 2021, 16:45 WIB
Haji Ditunda Lagi, PPP Minta Diplomasi Menteri Agama Ke Arab Saudi Diperbaiki
Anggota Komisi VIII DPR, Iip Miftahul Choiry/Net
Diplomasi Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi harus segera diperbaiki agar keberangkatan jemaah haji tidak kembali ditunda.

Anggota Komisi VIII DPR, Iip Miftahul Choiry tidak ingin keberangkatan haji kembali ditunda untuk kali ketiga pada tahun depan. Untuk itu, politisi PPP tersebut mendesak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk memperbaiki diplomasi dengan pemerintah arab Saudi.

“Ini evaluasi dari kami buat Menteri Agama dan jajaran. Ke depan diplomasi dengan pemerintah Arab Saudi harus diperbaiki. Tahun ini adalah kedua kalinya penyelenggaraan ibadah haji ditunda,” ujarnya kepada redaksi, Kamis (3/6).

Anggota DPR milenial berusia 31 tahun ini mengingatkan bahwa penundaan keberangkatan haji tidak bisa dipandang sepele. Sebab hal itu berpengaruh pada daftar tunggu jemaah yang turut bertambah menjadi dua tahun.  

“Kasihan jamaah kita yang sudah lama menunggu. Dengan ditunda 2 tahun, otomatis yang harusnya berangkat 2020 dan 2021 tertunda, dan yang sudah menunggu semakin lama,” terang anggota DPR dari Dapil Banten 1 itu.

Berdasarkan rapat antara Kementerian Agama dengan Komisi VIII DPR, keberangkatan haji di tahun ini ditiadakan. Di satu sisi, pemerintah Arab Saudi juga belum memberikan kepastian untuk keberangkatan haji dari Indonesia.

ARTIKEL LAINNYA