Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tumbuhkan Petani Milenial, Gubernur DIY Dukung The 2'nd MIA Expo Kementan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 03 Juni 2021, 22:02 WIB
Tumbuhkan Petani Milenial, Gubernur DIY Dukung The 2'nd MIA Expo Kementan
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubowo X mendukug The 2nd Milenial Indonesian Agropreneur (MIA) Expo/Ist
rmol news logo Kementerian Pertanian akan kembali menggelar The 2nd Milenial Indonesian Agropreneur (MIA) Expo dalam rangka menumbuhkan jutaan wirausaha muda pertanian.

Kegiatan ini akan digelar di Ambarrukmo Plaza, Yogyakarta pada 12 sampai 13 Juni 2021 mengusung tema 'Milenial Agropreneur, Penghela Agroeduwisata dan Ekonomi Kreatif'.

"Acara ini bagus dan harus didukung karena akan menumbuhkan petani milenial. Kita saat ini membutuhkan banyak petani milenial," tutur Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubowo X menyambut positif acara tersebut, Kamis (3/6).

Sri Sultan menjelaskan, petani saat ini diharapkan tidak hanya menjual hasil panen, melainkan harus mampu terjun dan memahami industri serta bisnis pertanian. Petani juga harus bisa mengemas dengan packaging menarik untuk menaikkan nilai jual produk.

"Lewat kegiatan ini, kita harapkan pengetahuan petani terus bertambah," tambah Sri Sultan.

Dalam audiensi bersama Sri Sultan, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjelaskan MIA Expo merupakan salah satu agenda dan program yang diusung Kementan untuk melahirkan pengusaha petani milenial.

"Program ini beriringan dengan program penumbuhan wirausaha muda pertanian (PWMP), pendidikan vokasi, kostratani, dan program YESS,” terang Dedi.

Dijelaskannya, The 2'nd MIA Expo ini diselenggarakan untuk mewadahi para wirausahawan muda pertanian dapat mempromosikan produk-produk mereka kepada masyarakat.

"Expo dikemas untuk menarik pengunjung secara umum dan generasi millenial yang ingin mengenal lebih dalam mengenai pertanian,” tambah Dedi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Polikteknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma), Bambang Sudarmanto mengaku sangat antusias dan mendukung kegiatan The 2'nd MIA Expo 2021.

“Mahasiswa Polbangtan Yoma akan kami imbau untuk dapat berpartisipasi langsung dalam kegiatan tersebut. Kami mengajak para wirausahawan muda PWMP Polbangtan Yoma dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang memperluas jaringan usaha," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA