Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Kubu Di PDIP Lazim, Tak Masalah Asalkan Ketum Bisa Menertibkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 05 Juni 2021, 21:08 WIB
Soal Kubu Di PDIP Lazim, Tak Masalah Asalkan Ketum Bisa Menertibkan
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri/Net
rmol news logo Analis politik yang juga Direktur Ekesekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul berpandangan, soal adanya kubu di PDI Perjuangan adalah hal yang wajar dan tidak menjadi persoalan selama Ketua Umum (Ketum) yang saat ini dijabat Megawati bisa menertibkan.

"Kubu-kubu hal yang biasa apalagi di dalam partai politik, tapi tidak akan masalah selama Ketum bisa menertibkan, tidak masalah," kata Adib kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (5/6).

Apalagi, sambung Adib, kubu atau faksi ini makin meruncing menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan datang. Pasalnya, tiap masing-masing kubu ingin berbicara dan memberikan pengaruh terhadap kebijakan partai terhadap Pilpres.

Senada dengan Adib yang menyangkal Hasto bahwa tidak ada kubu di internal PDIP, pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan, tidak ada partai politik yang terbebas dari kubu-kubuan atau faksi-faksi.

Secara sosiologis, organisasi besar seperti partai politik, pasti melahirkan faksi-faksi. Kelahirannya alamiah karena adanya kepentingan yang sama. Kepentingan inilah menyatukan mereka untuk diperjuangkan bersama.

"Hal yang sama juga terlihat di PDIP. Di partai ini setidaknya ada dua kubu atau faksi besar, yaitu trah Soekarno dan non trah Soekarno," ujar Jamiluddin kepada redaksi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA