Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jurus Atasi Krisis, RR Sarankan Jokowi Mundur Baik-baik Atau Presidential Threshold 0 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 06 Juni 2021, 16:58 WIB
Jurus Atasi Krisis, RR Sarankan Jokowi Mundur Baik-baik Atau <i>Presidential Threshold</i> 0 Persen
Ekonom senior, Rizal Ramli di Kantor Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Jalan Veteran I, Gambir, Jakarta Pusat/RMOL
rmol news logo Ekonom senior, Rizal Ramli (RR) memberikan pilihan untuk Presiden Joko Widodo agar Indonesia bisa keluar dari krisis sehingga bisa bangkit dan maju.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Saat menjadi pembicara dalam halal bihalal dan pembukaan rumah konsolidasi demokrasi ProDEM, Rizal Ramli meramal tiga tahun ke depan sampai 2024, krisis akan semakin besar. Rekayasa dan adu domba pun akan semakin menguat.

"Setiap ada masalah di Indonesia, solusi mereka cuma satu, radikal radikul. Kok bisa nyelesain masalah dengan slogan bahwa semua masalah di Indonesia radikal radikul? Padahal masalah utama kita adalah korupsi," kata Rizal Ramli di Kantor Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Jalan Veteran I, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu sore (6/6).

Jokowi pun kini punya pilihan agar masalah krisis di Indonesia bisa teratasi. Salah satunya dengan meletakkan jabatan sebagai kepala negara.

"Serahkan kepada pimpinan yang tangguh, yang memiliki integritas dan kompetensi untuk mengeluarkan Indonesia dari krisis. Tapi ada pertanyaan, jika Jokowi mengundurkan diri baik-baik, apakah kita akan memaafkan dia atau tidak?" tegas RR.

Saran lain, Jokowi perlu mendukung penghapusan ambang batas pencalonan presiden atau Presidential Threshold yang kini dipatok 20 persen. Opsi itu perlu dilakukan bila Jokowi ingin tetap punya pengaruh pasca lengser dari kursi RI satu itu.

"Hanya dengan cara itu, Jokowi punya pengaruh pasca jadi presiden. Tinggal pilih, apakah Jokowi ingin punya arti atau ingin tidak berarti?" pungkas RR. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA