Farah.ID
Farah.ID

700 Meter Dari Istana, Rizal Ramli Ajak Aktivis Nyanyikan Halo Halo Bandung

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 06 Juni 2021, 18:23 WIB
700 Meter Dari Istana, Rizal Ramli Ajak Aktivis Nyanyikan Halo Halo Bandung
Ekonom senior Rizal Ramli mengajak para aktivis untuk menyanyikan lagu Halo Halo Bandung/RMOL
Sistem demokrasi Indonesia kini anjlok 30 poin karena terindikasi kembali kepada sistem otoriter.

Begitu yang disampaikan ekonom senior, Rizal Ramli (RR) saat memberikan sambutan di acara "Halal Bihalal Dan Pembukaan Rumah Konsolidasi Demokrat" di Kantor baru Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) di Jalan Veteran I, Gambir, Jakarta Pusat, atau sekitar 700 meter dari Istana Negara, Minggu sore (6/6).

Menurut RR, ProDEM bersama para aktivis lainnya telah berjuang, melawan dan berkorban untuk menghapuskan sistem otoriter dan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Kita berhasil mengubah sistem otoriter menjadi demokratis dan KKN dikurangi. Tapi kemenangan itu hanya sementara karena anasir-anasir otoriter dan KKN kembali merebut kekuasaan, membalikkan tonggak-tonggak kemenangan yang kita bangun," ujar RR.

RR pun tergerak dengan apa yang telah disampaikan Ketua Majelis ProDEM, Iwan Sumule dalam pidato di depan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan aktivis ProDEM lainnya.

"Tadi juga Pak Ketua (Iwan Sumule) menjelaskan, bahwa kita terpaksa harus berjuang kembali karena kemenangan kita direbut, waktunya kita rebut kembali," kata RR.

Usai sambutannya, RR selanjutnya mengajak para peserta acara yang hadir untuk menyanyikan lagu nasional "Halo-Halo Bandung" ciptaan Ismail Marzuki.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA