Farah.ID
Farah.ID

Polling Sementara Jari Rakyat: Prabowo-Puan Dan Cak Imin-AHY Bersaing Ketat

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 06 Juni 2021, 21:34 WIB
Polling Sementara Jari Rakyat: Prabowo-Puan Dan Cak Imin-AHY Bersaing Ketat
Puan Maharani dan Prabowo Subianto/Net
Jaringan Informasi Rakyat (Jari Rakyat) melakukan Polling Simulasi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 dengan memanfaatkan aplikasi Google Form.

Polling dilakukan selama satu minggu, dimulai 2 Juni dan berakhir 10 Juni 2021. Berdasarkan basis data google form Jari Rakyat per 6 Juni 2021 pukul 16.00 WIB, polling telah diikuti oleh 1.027 responden.

Pertanyaan polling bersifat terbuka dan disebarkan di berbagai jaringan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Whatsapp terkait kandidat pasangan Pilpres yang disuguhkan, yakni Prabowo-Puan; Ganjar-Sandi; Anies-AHY; dan Muhaimin Iskandar-AHY.

Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan menjadi yang terfavorit dengan 20,7 persen pemilih. Diikuti Muhaimin Iskandar-AHY dengan 20,1 persen. Kemudian Ganjar-Sandi dengan 18,4 persen dan Anies-AHY 12,6 persen.

Dalam polling ini, pemilih hanya bisa memilih satu kali klik dan dibaca per IP Address.

Koordinator Jari Rakyat, Prasetyo menjelaskan, hasil polling tersebut menunjukkan antusias publik cukup tinggi meski Pilpres masih 3 tahun lagi. Hal tersebut dipengaruhi oleh hangatnya pemberitaan tentang calon presiden di media massa.

“Terlihat bahwa mesin politik parpol mulai dipanaskan, untuk membuka komunikasi politik serta menciptakan momentum,” ujar Prasetyo, Minggu (6/6).

Hasil sementara polling juga menunjukkan publik cukup responsif terhadap isu capres dan cawapres yang belakangan hangat di ruang publik.

“Dukungan kepada Prabowo-Puan dan Gus AMI-AHY dalam tiga hari pelaksanaan polling terlihat sangat dinamis. Pasangan Ganjar-Sandi yang masuk dalam simulasi juga menunjukkan pergerakan positif,” katanya.

Polling akan ditutup pada 10 Juni 2021. Polling adalah instrumen survei yang paling sederhana. Hasil polling Jari Rakyat bersifat mandiri namun dapat dipertanggungjawabkan.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA