Farah.ID
Farah.ID

PSU Jilid II Di Labuhanbatu Digelar 19 Juni 2021, Tidak Ada Pemutakhiran DPT

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 07 Juni 2021, 10:39 WIB
PSU Jilid II Di Labuhanbatu Digelar 19 Juni 2021, Tidak Ada Pemutakhiran DPT
PSU 24 April 2021 lalu di Labuhanbatu/RMOLSumut
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu berencana menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di 2 tempat pemungutan suara (TPS) pada 19 Juni 2021 mendatang.

PSU jilid II di Labuhannatu ini merupakan amar putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa Pilkada hasil PSU jilid I yang digugat oleh pasangan calon Andi Suhaimi Dalimunte-Fajar.

Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi mengatakan, pemilihan tanggal tersebut didasarkan pada beberapa pertimbangan dengan harapan agar pemilih datang dengan maksimal.

"Rencana (PSU) hari Sabtu tanggal 19 Juni 2021. Hari Sabtu dipilih dengan harapan ada keleluasaan waktu bagi pemilih untuk datang ke TPS," katanya kepada wartawan, Minggu (6/6), dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Tidak berbeda dengan pelaksanaan PSU pada 24 April 2021 lalu, KPU Labuhanbatu juga tidak melakukan pemutakhiran data pemilih dan tidak ada kampanye pada PSU 19 Juni nanti.

"Tidak ada (pemutakhiran data pemilih dan kampanye)," jelasnya.

MK telah memerintahkan KPU Labuhanbatu melakukan PSU kembali di 2 TPS yakni TPS 007 dan 009. Hal ini berdasarkan fakta karena adanya temuan 8 pemilih yang menggunakan Kartu Keluarga (KK) sebagai tanda pengenal/identitas untuk mencoblos.

Ini menyalahi aturan karena, yang dibenarkan adalah penggunakan KTP atau surat keterangan pengganti KTP dari Disdukcapil sebagai tanda pengenal/identitas untuk mencoblos.

Meski hanya di 2 TPS namun hasil pilkada Labuhanbatu sangat ditentukan hasil dari PSU ini. Sebab selisih perolehan suara dua pasangan calon dengan suara tertinggi hanya 310 suara. Sementara jumlah DPT di 2 TPS yang akan melaksanakan PSU jilid II sebanyak 941 pemilih.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi KPU Labuhanbatu yang digelar Selasa lalu (27/4), menetapkan perolehan lima pasangan calon yakni nomor urut 1 Tigor Panusunan Siregar-Idlinsah Harahap memperoleh 19.552 suara, nomor urut 2 Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar memperoleh 88.493 suara.

Sementara pasangan nomor urut 3 Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar memperoleh 88.183 suara, pasangan nomor urut 4 Abdul Roni-Ahmad Jais memperoleh 28.349 suara, dan pasangan Suhari Pane-Irwan Indra memperoleh 12.736 suara.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA