Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Meski Berpeluang Dua Putaran, PKS Tetap Menginginkan Pilpres Digelar April 2024

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 07 Juni 2021, 12:32 WIB
Meski Berpeluang Dua Putaran, PKS Tetap Menginginkan Pilpres Digelar April 2024
Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini/RMOL
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara prinsip tidak ada masalah dengan rencana memajukan gelaran Pemilu Serentak 2024 pada 28 Februari dari seharusnya digelar bulan April.

"Tidak ada masalah, cuma kan harus ada alasan yang signifikan," ujar Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini, di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/6).

Salah alasan yang paling mengemuka adalah kemungkinan pilpres digelar dua periode. Jadwal perlu dimajukan mengingat pada 27 November tahun yang sama akan digelar Pilkada Serentak 2024.

Menurut Jazuli Juwaini, memang kemungkinan pilpres digelar dua putaran harus dipertimbangkan.

"Itu salah satu alasan, kemungkinan terjadi dua putaran itu bisa saja ketika calonnya lebih dari dua, tetapi kalau calonnya cuma dua kemungkinan itu kan kecil untuk dua putaran," katanya.

Namun, jika memang masih memungkinkan, maka Fraksi PKS masih berharap pemilu serentak tetap digelar sesuai ketentuan pada UU 7/2017 tentang Pemilu.

"Kalau seperti UU Pemilu itu tidak ada masalah dan tidak ada kendala, menurut saya kita ikuti UU jauh lebih baik," ucap Jazuli Juwaini.

ARTIKEL LAINNYA