Farah.ID
Farah.ID

Bantu Pacu Ekonomi Nasional, Menkominfo Siapkan 5 Program Strategis Di Tahun 2022

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 07 Juni 2021, 20:12 WIB
Bantu Pacu Ekonomi Nasional, Menkominfo Siapkan 5 Program Strategis Di Tahun 2022
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkminfo), Johnny G. Plate/Repro
Program strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tahun 2022 disusun berdasarkan kerangka pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkminfo), Johnny G. Plate mengatakan, pihaknya menyiapkan lima program strategis untuk mendukung tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022, yakni Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk memacu transformasi ekonomi Indonesia.

Menurutnya, Kementerian Kominfo secara khusus menyiapkan lima program untuk mendukung tiga prioritas pembangunan nasional.  

“Dalam pelaksanaan RKP 2022, Kementerian Kominfo mengimplementasikan yang berhubungan dengan pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur TIK (teknologi informasi dan komunikasi), ekonomi, serta pelayanan publik,” ujar johnny dalam Rapat Kerja Kementerian Kominfo bersama Komisi I DPR-RI, di Ruang Rapat Komisi I, Jakarta, Senin (7/6).

Sesuai dengan tema RKP Tahun 2022, Johnny menegaskan target yang akan dicapai Pemerintah termasuk Kementerian Kominfo adalah menyiapkan landasan transformasi ekonomi Indonesia.

“Tema tersebut dipilih dengan tujuan agar pembangunan di tahun 2022 dapat menjadi landasan transformasi ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Eks anggota DPR fraksi Partai Nasdem itu memaparkan bahwa tema RKP 2022 itu diturunkan dalam 7 Prioritas Nasional dan 10 fokus yang melingkupi peningkatan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, serta memperkuat stabilitas Polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

Dalam Raker itu, Menkominfo menyatakan akan mengimplementasikan major proyek yang berkaitan dengan transformasi digital di Indonesia

“Kementerian Kominfo sebagai leading sektor yang berhubungan dengan isu transformasi digital, juga ditugaskan untuk melaksanakan implementasi proyek atau major project transformasi digital untuk meningkatkan pemerataan dan kualitas layanan digital di Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut, Johnny menyatakan bahwa fokus pelaksanaan akselerasi transformasi digital menjadi dasar perancangan program kerja Kementerian Kominfo TA 2022. Ia menyebutkan lima program strategis yang akan dilaksanakan Kominfo.

"Di antaranya percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi, penguatan infrastruktur digital pemerintah, penguatan tata kelola data termasuk pertukaran data lintas batas, dan penguatan komunikasi publik, termasuk melalui platform digital,” demikian Johnny G. Plate.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA