Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JADWAL PEMILU

28 Februari 2024 Hari Raya Galungan, Komisi II Sudah Minta KPU Jangan Siapkan Satu Skenario

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 08 Juni 2021, 12:33 WIB
28 Februari 2024 Hari Raya Galungan, Komisi II Sudah Minta KPU Jangan Siapkan Satu Skenario
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus/Net
rmol news logo Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mengatakan pemerintah bersama parlemen belum memutuskan kapan waktu pencoblosan Pemilu Serentak 2024, baik pileg maupun pilpres.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Belum diputuskan, masih usulan, kemarin itu baru rapat tim 12. Jadi kalau ternyata bertepatan Hari Raya Galungan, pasti kita geser," ujar Guspardi kepada wartawan, Selasa (8/6).

Guspardi sempat menyarankan kepada KPU untuk menyiapkan lebih dari satu skenario untuk Pemilu 2024 dengan beberapa alternatif.

"Kemaren saya meminta agar KPU jangan hanya menyiapkan satu skenario hanya di bulan Februari. Lihat alternatif lain, paling tidak dua alternatif," tegas dia.

Legislator asal Sumatera Barat itu pun mengklarifikasi jadwal pemilu pada 28 Februari 2024 yang tersebar luas hingga menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Jelas Guspardi, jadwal tersebut baru ancang-ancang atau usulan dan merupakan hasil kesepahaman Tim Kerja Bersama yang terdiri dari masing-masing Kapoksi di Komisi II DPR RI, Kemendagri yang diwakili Dirjen Polhum dan Dirjen Otda, KPU, dan Bawaslu.

"Tim tersebut membahas desain Pemilu 2024 yang diajukan KPU RI. Dan Jika ternyata bertepatan dengan hari umat Hindu (Galungan) tentu harus digeser waktu pelaksanaan pemilunya," tandasnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim sebelumnya menyebutkan, waktu pencoblosan Pemilu Serentak 2024 ditetapkan berlangsung 28 Februari 2024. Sementara waktu pencoblosan Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November 2024.

Tokoh agama Hindu, Putu Setia, menyoroti hal itu. Dia mengatakan 28 Februari 2024 bertepatan dengan Hari Raya Galungan.

Putu berharap jadwal pencoblosan Pemilu 2024 tidak digelar pada 28 Februari agar tak bertabrakan dengan Hari Raya Galungan yang jatuh di tanggal yang sama.

"KPU dan DPR (Komisi II) tetapkan Pilpres dan Pileg pada 28 Februari 2024. Mohon dicatat itu adalah Hari Raya Galungan, hari raya keagamaan untuk umat Hindu Nusantara. Bali pastikan 89,7 persen golput. mohon perhatian," kata Putu dalam akun Twitter @mpujayaprema, Senin (7/6). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA