Farah.ID
Farah.ID

Soal Pembatalan Haji, PKS Ternyata Sudah Sampaikan Keberatan Pada Menag Yaqut

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 08 Juni 2021, 15:42 WIB
Soal Pembatalan Haji, PKS Ternyata Sudah Sampaikan Keberatan Pada Menag Yaqut
Tangkapan layar anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menjadi narasumber dalam serial diskusi daring Obrolan Bareng Bang Ruslan bertajuk "Polemik Kuota Haji" pada Selasa (8/6)/RMOL
Keputusan Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) membatalkan pemberangkatan ibadah haji tahun 2021 ternyata pernah ditentang oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tepatnya dalam rapat tertutup bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Komisi VII DPR.

Penolakan disampaikan Fraksi PKS karena belum ada keputusan resmi dari Arab Saudi terkait pemberangkatan haji dari negara-negara non Arab Saudi.

Hal itu terungkap saat anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menjadi narasumber dalam serial diskusi daring Obrolan Bareng Bang Ruslan bertajuk "Polemik Kuota Haji" pada Selasa (8/6).

"Dalam rapat tertutup Komisi VIII DPR bersama Menag Yaqut Cholil Qoumas, PKS sudah menyampaikan keberatan akan diambil keputusan terkait pembatalan keberangkatan haji kalau belum ada keputusan resmi dari Arab Saudi," kata Hidayat Nur Wahid.

HNW, sapaan akrab politikus senior PKS itu, menyesalkan keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun 2021 ini. Apalagi, belum ada upaya maksimal dari pemerintah mengenai pemberangkatan haji untuk Indonesia. 

"Ini berbeda dengan tahun yang lalu, posisinya jelas pandemi Covid-19. Tapi tahun ini kan jelas Saudi menyebutkan membuka haji tahun ini, meski dengan syarat-syarat khusus," tuturnya.

"Bahkan dalam rapat Komisi VIII dengan Kemenag, sesungguhnya sudah dibahas tentang beragam skenario, misal 5 persen yang akan diberangkatkan, ini udah dibahas," demikian HNW.

Selain HNW, turut hadir sebagai narasumber dalam diskusi daring yang digelar oleh Kantor Berita Politik RMOL itu yakni mantan Jurubicara Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Adhie Massardi.

ARTIKEL LAINNYA