Farah.ID
Farah.ID

Diluruskan Dubes Saudi, Pembatalan Haji Tak Berhubungan Dengan Kisruh Diplomasi Dan Vaksin Covid-19

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 08 Juni 2021, 20:45 WIB
Diluruskan Dubes Saudi, Pembatalan Haji Tak Berhubungan Dengan Kisruh Diplomasi Dan Vaksin Covid-19
Dutabesar Arab Saudi Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi bersilaturahmi ke Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI)/Ist
Pembatalan pemberangkatan ibadah haji sama sekali tidak berkaitan dengan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Arab Saudi.

Hal tersebut ditegaskan Dutabesar Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi saat bersilaturahmi ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jakarta, Selasa (8/6).

“Masalah pembatalan keberangkatan jemaah tidak ada kaitannya dengan hubungan baik antara Saudi dan Indonesia. Tidak berhubungan pula dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” kata Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi.

Sampai hari ini, Kerajaan Arab Saudi juga belum mengirimkan undangan haji ke negara lain, termasuk Indonesia karena alasan pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Dutabesar Saudi juga membahas rencana kerja sama antara MUI dengan Arab Saudi, meliputi bidang ukhuwah, dakwah, dan sebagainya yang berorientasi pada penguatan Islam wasathiyah di kawasan Arab Saudi, Indonesia, maupun dunia internasional.

Kedatangan Dubes Kerajaan Arab Saudi disambut Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar; Waketum MUI, KH Marsudi Syuhud; Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan; Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis; Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, KH Abdullah Jaidi, dan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA