Farah.ID
Farah.ID

Adhie Massardi: Penting Dikejar, Mensos Dapat Arahan Siapa Untuk Arahkan Vendor Bansos Beli Goodie Bag Sritex

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 09 Juni 2021, 17:52 WIB
Adhie Massardi: Penting Dikejar, Mensos Dapat Arahan Siapa Untuk Arahkan Vendor Bansos Beli Goodie Bag Sritex
Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi/Ney
Sidang kasus bantuan sosial (bansos) Covid-19 dengan terdakwa Juliari Batubara selaku mantan Menteri Sosial (Mensos) yang digelar pada hari ini, Rabu (9/6) telah membuka tabir baru. Yaitu adanya fakta persidangan yang menyebut ada arahan khusus dari Kementerian Sosial agar vendor menggunakan goodie bag bansos dari PT Sri Rejeki Isman Tbk atau biasa dikenal dengan PT Sritex.

Adalah vendor bansos, Rocky Josep Pesik selaku Direktur PT Andalan Pesik Internasional yang mengungkap hal tersebut dalam persidangan. Berdasarkan kesaksian tersebut, Kementerian Sosial (Kemensos) mewajibkan para vendor bantuan sosial untuk memakai goodie bag dari PT Sritex.

Kesaksian ini membuat Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi merasa heran. Sorotan tajamnya mengarah pada pertanyaan, siapa aktor yang mengarahkan agar vendor bansos menggunakan goodie bag dari Sritex.

“Mensos dapat arahan dari siapa untuk arahkan vendor beli goodie bag dari Sritex?” tanyanya kepada wartawan, Rabu (9/6).

Menurut Adhie, pertanyaan itu penting dijawab agar rantai korupsi bansos jadi terang benderang.

Apalagi sebelumnya PT Sritex sempat ramai menjadi perbincangan karena dikaitkan dengan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam laporan Majalah Tempo waktu itu, rekomendasi goodie bag merupakan rekomendasi dari “Anak Pak Lurah”. Belakangan “Anak Pak Lurah” mengarah pada sosok Gibran yang kini menjabat sebagai walikota Solo.

Pihak Sritex sendiri telah tegas membantah bahwa mereka mendapatkan rekomendasi dari Gibran agar mendapatkan proyek pembuatan tas kain bansos.

Sritex mengaku bahwa pihaknya dihubungi oleh pihak Kemensos mengenai kebutuhan tas tersebut pada April 2020 lalu. Pemesanan itu pun diklaim telah diproses sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Sementara itu, Gibran juga telah membantah bahwa dirinya memberikan rekomendasi Sritex kepada Juliari.

Bagi Adhie Massardi, siapa yang memberi arahan pada Mensos untuk menggunakan goodie bag Sritex penting dibedah. Sebab dia yaki Juliari tidak kenal dengan pemilik Sritex.

“Ini penting dikejar karena Pak Mensos kemungkinan tidak kenal taipan Solo pemilik Sritex,” tuturnya.

ARTIKEL LAINNYA