Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Untuk Mencapai 700 Ribu Hingga 1 Juta Suntikan Per Hari, Butuh Lebih Banyak Sentra Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 09 Juni 2021, 18:44 WIB
rmol news logo Menteri Koordinator bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto mengunjungi Sentra Vaksinasi Serviam (SVS) di Lapangan Banteng Utara, Jakarta,  Rabu (9/6). Selain meninjau pelaksanan vaksinasi, Airlangga juga berbincang dengan masyarakat peserta vaksinasi.

Sentra Vaksinasi Serviam (SVS) digagas oleh para alumni dari tiga sekolah yakni, Sekolah Santa Theresia, Sekolah Santa Ursula, dan Sekolah Santa Maria.  Tujuannya, membantu pemerintah melakukan percepatan vaksinasi. SVS resmi dibuka pada Sabtu, 30 Maret 2021 dan berlangsung hingga 30 Juni 2021.

Airlangga mengatakan, untuk  mengurangi penularan Covid-19, menurunkan angka kasus positif dan kematian, mencapai kekebalan kelompok dan melindungi masyarakat agar tetap produktif, Pemerintah perlu melakukan percepatan vaksinasi.

“Dibutuhkan lebih banyak sentra vaksin agar penyuntikan dapat mencapai jumlah tujuh ratus ribu sampai dengan satu juta per hari,” ujar dia.

Airlangga juga menyampaikan, kondisi terkini terkait penanganan Covid-19 yang  sudah semakin baik. Tingkat kesembuhan meningkat.

“Namun, memang ada kenaikan di second tier cities karena dampak dari mudik yang sebetulnya sudah diantisipasi oleh Pemerintah dengan melakukan penyekatan dan isolasi.”

Airlangga mengingatkan agar masyarakat tetap mewaspadai Covid-19. Jangan sampai kendor.

“Karena di beberapa daerah, khususnya di Jawa Barat tingkat kedisiplinan penggunaan masker sudah mulai turun dibawah 60%. Jadi ini yang terus kita dorong, bahwa walaupun sudah divaksin tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ujar Airlangga.

Airlangga menyampaikan bahwa perekonomian mulai pulih. Indikator yang dapat dilihat diantaranya melalui dana yang bersirkulasi naik dibandingkan tahun lalu. Selain itu, Purchasing Managers’ Index mencapai angka 55,3, Indeks Keyakinan Konsumen juga meningkat.

Airlangga menyatakan bahwa pengadaan vaksin saat ini sudah mencapai jumlah sekitar 90 juta. Memang, sebagian dari persediaan itu adalah bahan baku sehingga kalau di proses di PT Bio Farma membutuhkan waktu.

“Namun Pemerintah memastikan vaksin akan terus berdatangan, karena itu Pemerintah Daerah tidak perlu khawatir akan kekurangan stock dan jangan sampai menyimpan stock,” ujar Airlangga mengingatkan..rmol news logo article

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SVS berlangsung atas kerjasama dengan Pemerintah, dibawah tanggung jawab Dinas Kesehatan DKI Jakarta, khususnya pihak Puskesmas Sawah Besar. Secara khusus, kategori target penerima vaksin Covid-19 di SVS diantaranya Lansia diatas 60 tahun, pendidik, Tokoh Agama, dan kaum difabel.

Masyarakat yang memenuhi kategori tersebut dapat mendaftarkan diri di SVS dengan syarat diantaranya, penduduk DKI yang memiliki eKTP DKI atau penduduk dengan eKTP non DKI yang disertai Surat Keterangan Domisili DKI dari RT dan RW bercap basah.

Sampai dengan 2 Juni 2021, SVS sudah melakukan vaksinasi kepada kurang lebih 17.000 akseptor dengan melibatkan jumlah relawan yang terdiri tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 150 orang, dan non nakes sebanyak 450 orang (termasuk guru dan suster). Adapun target jumlah penerima vaksin di SVS adalah sebanyak 30.000 akseptor. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA