Farah.ID
Farah.ID

Meski Anak SBY, AHY Akan Kesulitan Dapat Tiket Capres 2024

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 10 Juni 2021, 08:22 WIB
Meski Anak SBY, AHY Akan Kesulitan Dapat Tiket Capres 2024
AHY bersama ayahnya SBY mengenakan seragam Partai Demokrat/Net
Meski anak sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dinilai kesulitan untuk mendapatkan tiket calon presiden (Capres) di Pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Democracy and Electoral and Empowerment Partnership (​DEEP) Neni Nur Hayati menganalisa, elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat itu belum menunjukkan tren kenaikan signifikan.

Neni memprediksi, untuk menjadi calon wakil presiden (Cawapres) saja AHY akan menghadapi kesulitan.

"Di Pemilu 2019 lalu saja tidak ada yang mau menggandeng, kemungkinan Pemilu 2024 juga sama demikian. Elektabilitas AHY tidak menunjukkan perkembangan signifikan," demikian kata Neni saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (10/6).

Untuk mendapatkan peluang sebagai kandidat Capres, Neni mengatakan AHY harus menyentuh angka keterpilihan di atas 30 persen. Apalagi, tahun 2022 tahapan Pilpres sudah mulai berjalan.

"Di atas 30 persen kalau mau aman. Mestinya dipersiapkan dengan baik dan modalnya," tandas Neni.

Dalam beberapa hasil survei angka keterpilihan AHY memang terus meningkat. Terbaru, Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) menempatkan AHY diurutan kedua dengan perolehan 13,2 persen.

Dari calon klaster pimpinan partai politik itu, Mantan Mayor TNI AD itu menempel ketat Prabowo Subianto yang memperoleh angka 14 persen.

ARTIKEL LAINNYA