Farah.ID
Farah.ID

LKI: Saatnya Partai Golkar Berkibar Pada Pileg Dan Pilpres 2024

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 10 Juni 2021, 10:57 WIB
LKI: Saatnya Partai Golkar Berkibar Pada Pileg Dan Pilpres 2024
Baliho Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Henry Indraguna pada momen Lebaran 2021 di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah/Net
Kedewasaan dan kematangan Partai Golkar dan para kader dalam mengarungi peta politik Indonesia tidak terbantahkan. Dinamika di tubuh partai sudah terbiasa dilakoni para elit dan kadernya.

Menyongsong Pilpres 2024, seluruh pemangku kepentingan Golkar sudah bertekad bulat untuk mengusung kader terbaik menjadi pemimpin nasional paska dua periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Saatnya Golkar berkibar, berjaya dan memenangkan Pileg sekaligus Pilpres 2024," kata anggota Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) DPP Partai Golkar, Justino Djogo, Kamis (10/6).

Hal itu juga dia sampaikan saat rapat mingguan sekaligus silaturahmi Pengurus LKI Partai Golkar paska Lebaran dan persiapan webinar nasional yang akan dihelat badan otonom Golkar, Senin lalu (7/6).

Justino Djogo mengungkapkan, dukungan pada kesiapan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi kandidat capres 2024 harus terus dikapitalisasi mulai dari saat ini, sehingga publik semakin percaya bahwa Menko Perekonomian itu adalah figur memang kapabel, kompeten, kredibel dan memiliki prestasi di setiap jabatan politik.

Airlangga selain memimpin partai senior dan partai besar sekelas Golkar, juga teruji dan portofolio di dua kabinet Presiden Jokowi menunjukkan capaian prestasi yang exellent. Sebagai Menteri Perindustrian, prestasi membuat Making Indonesia 4.0 yang disusun dan diluncurkan oleh pemerintah diharapkan agar industri di Indonesia melakukan lompatan jauh ke tahap kesiapan memasuki revolusi industri 4.0.

Saat menjadi Menko Perekonomian dan kini juga dipercaya sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga juga menunjukkan progres yang baik bagi perbaikan ekonomi nasional dan pemulihan kesehatan rakyat.

"Ketum Partai Golkar Airlangga terbukti memiliki kiprah yang tak sedikit di peta kinerja pemerintah Indonesia, sehingga memberikan nilai positif di mata publik," kata Justino Djogo.

Dia menyebut elektabilitas Airlangga semakin meningkat setelah beberapa tokoh Golkar menyatakan bahwa Airlangga merupakan satu-satunya calon presiden dari Beringin.

"Kematangan tata kelola Partai Golkar memberi dampak signifikan bagi elektabilitas Partai Golkar dan tentu saja juga berdampak pada Airlangga selaku Ketua Umum Partai Golkar," tegas Justino Djogo yang juga anggota Dewan Pakar PPK Kosgoro 1957.

Kematangan Airlangga dalam mengelola partai sekali pun dalam kondisi terguncang bisa diatasi dengan cara yang smart dan bijaksana dalam merangkul seluruh kader meski saat itu terjadi perbedaan yang tajam. Konflik internal telah dapat dikelola dengan rasa jiwa Golkar.

"Alasan yang sama ini juga menyebabkan Airlangga menjadi lirikan parpol lainnya sebagai pendamping dari calon mereka," ucap Justino Djogo.

Ditambah, peran aktif Airlangga dalam keterlibatannya pada penanganan pandemi Covid-19 dengan program vaksinasi nasional maupun panglima dalam pemulihan ekonomi nasional memberi angin segar bagi nama baik Airlangga sampai ke pelosok tanah air.

"Termasuk Jawa Tengah, yang merupakan basis PDI Perjuangan dan Solo yang menjadi simbol kesahajaan pemimpin negeri ini dalam diri Jokowi mulai bertabur riak-riak positif yang ditaburkan kader Golkar," kata Justino Djogo.

Dia menyebut Golkar Jateng dan Solo akan menjadi ladang suara Golkar di tahun 2024 yang sudah dimulai gerakan politiknya oleh salah satu kader terbaik di LKI (Lembaga Komunikasi Informasi) DPP Partai Golkar yakni Henry Indraguna.

Sepeninggal Almarhum Ricky Rachmadi, yang waktu itu membidani kelahiran LKI sekaligus sebagai Ketua LKI berdasarkan Surat Kaputusan DPP Partai Golkar Nomor SKEP-384/DPP/Golkar/I/2021, tanggal 1 Januari 2021 yang ditandatangani Ketum Airlangga Hartarto dan Sekjen Loedewijk F. Paulus memberikan mandat dan tugas mengelola lembaga ini sebagai ujung tombak dalam memetakan isu-isu di tingkat daerah dan nasional yang berperan dalam memenangkan Golkar di Pilkada, Pileg, dan Pilpres 2024.

Kini, legacy sahabat seperjuangan Ketum Airlangga itu langsung diteruskan oleh pengacara handal yang juga Vice President Kongres Advokat Indonesia (KAI), Henry Indraguna. Dan secara aklamasi mendapatkan amanat dari seluruh anggota LKI Partai Golkar untuk menjabat sebagai Plt Ketua Umum LKI DPP Partai Golkar, rasanya tidak keliru membawa mesin LKI menjadi motor penggerak memenangkan kontestasi Pemilu serentak 2024.

Selain juga karena Henry sudah sangat dikenal di hati rakyat warga Solo Raya. Di Dapil Jateng V mulai dari Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten, Ketua PPK Kosgoro 1957 di bawah komandan Dave Laksono itu sudah menunjukkan keseriusannya menggarap salah satu "dapil neraka" di Jateng menjadi lumbung suara Golkar dan memberikan elektoral besar bagi Airlangga saat nyapres 2024.

"Ketua kami (Henry Indraguna) sejak Pileg 2019 sudah berbuat untuk rakyat di Dapil Jateng V. Bahkan mampu mendulang suaranya mendekati angka 50 Ribu. Hal ini menjadi modal besar untuk mendulang suara Golkar di Pileg 2024. Bahkan bisa pecah telur menjadi dua kursi untuk DPR RI dengan konsolidasi yang intensif dengan Pengurus Golkar di dapil Jateng V," ungkap orang kepercayaan Ilham Habibie itu.

Karena itu, tegas dia, segenap stake holders Golkar termasuk LKI Partai Golkar akan bahu-membahu memenangkan Golkar dan Airlangga.

Sementara itu, penasihat ahli LKI DPP Golkar, Alamsyah mengatakan, walaupun pesta rakyat pilpres masih tiga tahun lagi, namun seluruh kader Partai Golkar siap memberikan amanah pada Airlangga sebagai calon presiden.

"Posisi Ketum Golkar sebagai Menko Perekonomian dalam situasi pandemi Covid-19 dan isu tantangan ekonomi mampu menunjukkan kerja sama tim yang solid dalam menangani dampak pagebluk bagi ekonomi nasional ini secara terencana, terarah, dan terukur. Publik pun tahu akan hal ini kok," ucapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa seiring perjalanan waktu elektabilitas Airlangga juga terus meningkat.

"Ini merupakan sinyal positif dan prospek yang terukur untuk mendapat tiket di Pilpres 2024. Yang menarik dan hangat saat ini adalah nama Pak Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto, keduanya sebagai ketua partai besar mendapat respon dan simpati publik. Isu-isu beberapa kandidat lain yang popular memang ada, namun masih lemah dalam kepartaian," pungkas Alamsyah.

ARTIKEL LAINNYA