Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seniman Tisna Sanjaya Ajak Penggiat Seni Dan Masyarakat Melukis Bersama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 10 Juni 2021, 15:09 WIB
Seniman Tisna Sanjaya Ajak Penggiat Seni Dan Masyarakat Melukis Bersama
Seniman dan sekaligus budayawan, Tisna Sanjaya/Net
rmol news logo Masyarakat dan penggiat seni diajak untuk tetap produktif di tengah pandemi Covid-19. Hal ini penting dilakukan karena seni dan budaya merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang tidak boleh berlama-lama terpuruk terdampak Covid.

"Kita tahu ini kondisi ini tidak mudah. Keadaan yang tidak gampang bagi para pekerja seni, namun semangat harus tetap dirawat jangan sampai patah arang," kata seniman dan sekaligus budayawan, Tisna Sanjaya, Kamis (10/6).

Untuk memotivasi hal itu, Tisna yang juga pemeran 'Si Kabayan Nyintreuk' itu bakal menggelar kegiatan melukis bersama-sama bagi warga Bandung dan sekitarnya setelah salat Jumat besok.

Kegiatan yang dilakukan pada Jumat-Sabtu, 11-12 Juni tersebut berlokasi di Imah Budaya (Ibu) Cigondewah, Jalan Batu Rengat, RT.04/RW.01, Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, dan halaman masjid sekitarnya.

"Kanvas akan disediakan, jadi setelah selesai salat Jumat masyarakat bisa mengambil kuas dan melukis di kanvas yang disediakan," kata dosen Fakultas Seni Rupa Desain, Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Dijelaskannya, medium untuk melukis memakai bahan sintetik dengan campuran, juga dua jenis cat yaitu cat biasa dan karbon. Warga yang akan mengikuti kegiatan ini juga diwajibkan menerapkan prokes seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2020 dari Kemendikbud pada kategori Pencipta, Pelopor, dan Pembaharu itu  menambahkan, para peserta terlebih dahulu akan melihat dirinya melukis. Setelah itu, diberikan kesempatan untuk mengambil kuas dan mulai menorehkan goresan cat di atas kanvas.

"Karya-karya yang telah dibuat dalam kegiatan ini akan dipajang di rumah warga," ujar Tisna.

Hal itu untuk membangun kecintaan masyarakat atas dunia seni yang harus dipupuk semenjak dini. Di sisi lain, karya-karya itu untuk memupuk semangat optimisme masyarakat di masa pandemi ini.

"Kita harus tetap tangguh dan pantang menyerah menghadapi situasi ini," ujarnya lagi.

Tisna Sanjaya lahir di Bandung, Jawa Barat pada 28 Januari 1958. Bakat seninya Tisna terlihat sejak usia muda. Namanya dikenal luas melalui karya-karyanya berupa lukisan yang dipajang puluhan kali di pameran baik di dalam negeri maupun luar negeri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA