Farah.ID
Farah.ID

Golkar Kerjasama Dengan United Russia Party, Airlangga: Rusia Banyak Membantu Demokratisasi Indonesia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 11 Juni 2021, 13:19 WIB
Golkar Kerjasama Dengan United Russia Party, Airlangga: Rusia Banyak Membantu Demokratisasi Indonesia
Penandatanganan kerja sama partai Golkar dan United Russia Party pada 11 Juni 2021/Ist
Perjanjian kerjasama telah ditandatangani antara partai Golkar dan United Russia Party atau Rusia Bersatu yang digawangi Presiden Vladimir Putin.

Penandatanganan digelar secara virtual antara Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlanggar Hartarto dan Deputy Secretray of the General Council of the United Russia Party Klimov Andre Arkadievich pada Jumat (11/6).

Dalam sambutannya, Airlangga, atas nama Golkar dan Menko Perekonomian RI, menyambut baik kerja sama tersebut. Terlebih Indonesia dan Rusia memiliki hubungan yang sudah terjalin selama 70 tahun.

"Suatu kehormatan bagi kami dapat bertemu pada acara ini yang memiliki dampak bagi hubungan negara dalam memperkuat kerjasama multilateral maupun bilateral dengan Russia. Rusia juga merupakan salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia di PBB serta membantu alutsista untuk pembebasan Irian Barat," ujar Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat.

Airlangga mengatakan, hubungan bilateral dengan Russia memiliki nilai yang sangat strategis. Kedua negara menjalin kerja sama di berbagai bidang, baik dalam forum bilateral maupun multilateral.

"Di sektor politik, Rusia telah banyak membantu perkembangan demokratisasi di Indonesia, menjadikan hubungan antara Indonesia dan Rusia sebagai bagian dari kemitraan strategis," lanjut Airlangga.

Bagi Indonesia, ia menuturkan, Rusia merupakan mitra dagang utama di Eropa Timur. Terdapat 38 proyek strategis dengan nilai investasi sebesar 2,9 juta dolar AS di antara kedua negara.

Di bidang sosial, bantuan-bantuan dari Rusia begitu cepat dan tanggap saat Indonesia mengalami berbagai bencana alam besar seperti gempa bumi dan tsunami. Bahkan di tengah pandemi, kerja sama kedua negara berkaitan dengan vaksinasi Covid-19.

"Kami mengapresiasi kerjasama dengan vaksin Sputnik V yang saat ini sedang berjalan, karena kerjasama ini tidak hanya berkaitan dengan distribusi vaksin melainkan juga kerjasama produksi vaksin antara industri farmasi Indonesia dengan Sputnik V dalam program Joint Production," tambah Airlangga.

Airlangga juga mengapresiasi Rusia yang telah menyumbangkan banyak devisa untuk Indonesia dengan besarnya wisatawan. Rusia termasuk lima besar negara yang paling banyak memberikan wisatawan ke Indonesia.

Untuk meningkatkan kerjasama pariwisata, Airlangga mendorong semakin intensnya penerbangan langsung dari Rusia ke berbagai daerah di Indonesia.

Rusia juga telah banyak memberikan peninggalan di Indonesia, termasuk Stadion Gelora Bung Karno, Tugu Tani, Tugu Selamat Datang, dan Patung Pemuda.

Di akhir pernyataannya, Airlangga mengajak Rusia untuk bekerjasama mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19.

"Peran Rusia begitu diharapkan dalam membuka potensi-potensi investasi di Indonesia untuk pada forum-forum pemerintah secara formal ini dapat leboh diperbanyak dan kami dari Partai Golkar dengan tangan terbuka akan membantu dalam kelancaran tersebut," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA