Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Empat Venue PON XX Rampung, Hak Kelola Diserahkan Ke Pemprov Papua

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 11 Juni 2021, 23:00 WIB
Empat Venue PON XX Rampung, Hak Kelola Diserahkan Ke Pemprov Papua
Venue PON XX Papua/Repro
Arena olahraga atau veneue untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2021 sudah selesai 100 persen pembangunannya.

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menyerahkan hak pengelolaan kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Papua.

Terdapat empat venue yang dibangun pemerintah untuk pelaksanaan PON XX. Di antaranya, Arena Aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan Venue Cricket dan Lapangan Hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu di Kabupaten Jayapura.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengatakan, pihaknya melakukan seremoni serah terima pengelolaan kepada Pemprov Papua agar segera bisa dimanfaatkan dalam mendukung penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021.

"Saya menitipkan pesan kepada rekan-rekan Pemprov Papua untuk menjaga, merawat, dan mengelola seluruh aset yang telah diserahterimakan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Diana dalam keterangan tertulis yang dikutip melalui website Sekretariat Kabinet, Jumat (11/6).

Diana menerangkan, keempat venue tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sarana latihan atlet Papua sebelum penyelenggaraan PON berlangsung. Bahkan setelah PON selesai katanya, juga dapat dipergunakan untuk kegiatan turnamen olahraga, baik tingkat provinsi maupun nasional.

"Apabila pandemi Covid-19 telah usai, dengan kapasitasnya yang sangat memadai, Istora Papua Bangkit juga dapat dipakai untuk menggelar event konser musik," ucap Diana.

"Sehingga harapannya, seluruh infrastruktur yang telah dibangun tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan prestasi atlet Papua, tetapi juga mendorong geliat ekonomi di Bumi Cendrawasih,” imbuhnya.

Sekretaris Pemprov Papua, Dance Yulian Flassy menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat dalam pengembangan olahraga di Papua melalui pembangunan infrastruktur.

"Pekerjaan rumah kita adalah bagaimana memanfaatkan infrastruktur yang sudah baik ini dapat mendorong pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Papua yang lebih baik, Torang Bisa," tambah Dance menutup.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA