Farah.ID
Farah.ID

Lewat LHKP, PP Muhammadiyah Dorong Keterwakilan Perempuan Di Kancah Politik

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 12 Juni 2021, 16:08 WIB
Lewat LHKP, PP Muhammadiyah Dorong Keterwakilan Perempuan Di Kancah Politik
Direktur Eksekutif Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Neni Nur Hayati dalam webinar LHKP PP Muhammadiyah bertajuk 'Muhammadiyah dan Politik: Mengurai Dinamika Jelang Pemilu 2024' pada Sabtu, 12 Juni/RMOL
Keterwakilan perempuan di dalam kancah politik Indonesia bakal didorong Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah.

Nantinya, yang menjadi motor penggerak PP Muhammadiyah dalam mendorong keterwakilan perempuan di politik adalah Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP).

Direktur Eksekutif Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Neni Nur Hayati menuturkan, LHKP PP Muhammadiyah memiliki peran strategis untuk mengajak kaum perempuan ikut serta pada ruang-ruang publik tak terkecuali politik.

"Sehingga dapat memberi kontribusi nyata dalam memperjuangkan isu-isu perempuan dan anak secara lebih masif lagi," ujar Neni saat menjadi narasumber dalam webinar LHKP PP Muhammadiyah bertajuk 'Muhammadiyah dan Politik: Mengurai Dinamika Jelang Pemilu 2024' pada Sabtu (12/6).

Lewat LHKP ini pula, kata Neni, berbagai macam kegiatan untuk penguatan kapasitas kader perempuan Muhammadiyah bisa terus menerus dilakukan. Sehingga, pola pengkaderan di internal Muhammadiyah juga bisa semakin terarah.

"Melakukan perkuatan kader di internal Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) bisa dengan pelatihan pendidikan politik perempuan sampai dengan tingkatan grass root," tuturnya.

"Lalu, memperkuat literasi untuk kaum perempuan, gerakan advokasi kader perempuan sebagai bentuk moralitas dan tanggungiawab terhadap bangsa dan collaboration is power (sinergitas, koordinasi dan kolaborasi menjadi satu kekuatan)," demikian Neni.

Turut hadir dalam webinar tersebut yakni Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas, Wakil Ketua LHKP Muhammadiyah Asep Nurjaman, dan Dosen UMY Ridho Al-Hamdi.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA