Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Milih Sama Ganjar Ketimbang Hadiri Pengukuhan Mega Profesor, Jokowi Sudah Mainkan Peran Penentu Capres PDIP

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 12 Juni 2021, 20:42 WIB
Milih Sama Ganjar Ketimbang Hadiri Pengukuhan Mega Profesor, Jokowi Sudah Mainkan Peran Penentu Capres PDIP
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau vaksinasi masal di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang/Net
Tidak hadirnya Presiden Joko Widodo dalam pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (dosen tidak tetap) bagi Megawati Soekarnoputri dari Universitas Pertahanan menyiratkan mantan Walikota Solo itu mulai memainkan peran sebagai penentu penunjukan Capres yang akan diusung oleh PDI Perjuangan.

Begitu pandangan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (12/6).

Dihari yang sama, saat beberapa pejabat negara hadir yang di dalamnya terdapat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua DPR RI Puan Maharani hadir saat pengukuhan gelar Profesor Kehormatan Megawati, Jokowi lebih memilih terbang ke Jawa Tengah untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Disana ia didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Jokowi sudah mulai mainkan peran sebagai king maker, penentu Capres 2024 yang akan datang," kata Adib.

Tidak hanya itu, bacaan Adib, Jokowi memiliki peran yang cukup vital sebagai penengah antara rivalitas internal PDI Perjuangan antara Puan Maharani dan Ganjar Prnowo yang akan diusung oleh partai banteng moncong putih itu pada Pilpres 2024 yang akan datang.

"Jokowi memberikan pesan yang jelas bahwa bekerja keras dengan Ganjar Pranowo tak labih bahwa Ganjar bisa dipilih sebagai suksesor atas dirinya. Atau simplenya Jokowi ingin berpesan bahwa Ganjar ini orang yang mirip dengan dirinya," tandas Adib.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA