Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Firli Bahuri: Novel Itu Adik Saya, Berobat Ke Singapura Pun Saya Temani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 13 Juni 2021, 22:21 WIB
Firli Bahuri: Novel Itu Adik Saya, Berobat Ke Singapura Pun Saya Temani
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/RMOL
rmol news logo Ada kedekatan yang tak terungkap ke publik antara penyidik KPK Novel Baswedan dan Ketua KPK Firli Bahuri.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, sejatinya ia telah menganggap Novel Baswedan seperti seorang adik.

Ia pun tak paham ada pihak-pihak yang berupaya membenturkan dirinya dengan Novel Baswedan. Padahal jauh dari hiruk-pikuk pemberitaan, tak ada masalah pribadi antara keduanya.

"Novel adik saya angkatan (akpol) 98, saya 90. Saya tidak mau ungkap kedekatan saya (kepada publik)," kata Firli Bahuri dalam wawancara di Kick Andy, Minggu (13/6).

Bahkan tanpa diumbar ke publik, Firli beberapa kali kerap memberi perhatian kepada Novel. Seperti saat tertimpa musibah penyiraman air keras tahun 2017 silam, hingga bertandang ke rumah Novel ia lakukan.

"Saya pernah menemani dia ke Singapura untuk berobat (pasca insiden penyiraman air keras). Saya waktu deputi pernah main ke rumahnya. Dia punya anak namanya Umar. Saya tidak mau bilang dekat, tidak. Tapi itulah faktanya," sambung Firli.

Untuk saat ini, ia menganggap hubungannya dengan Novel sebatas hubungan kerja, tak jauh dari itu.

"Saya tidak ingin masuk di luar itu," lanjut Firli.

Disinggung soal tidak lulusnya Novel Baswedan saat tes wawasan kebangsaan (TWK), Firli menyebut tes tersebut bukan kewenangannya untuk menentukan secara pribadi seseorang tidak lulus.

"TWK alat ukurnya integritas pribadi. Nah dari ukuran itu, kami yakin tidak ada yang terhambat. Tapi dalam perjalanannya tim bikin asesor ada yang tidak memenuhi syarat. Itu mekanisme yang dilalui," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA