Farah.ID
Farah.ID

Sandiaga Uno Siapkan Pelatihan Generasi Muda Untuk Pelayanan Wisata Danau Toba

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 14 Juni 2021, 01:49 WIB
Sandiaga Uno Siapkan Pelatihan Generasi Muda Untuk Pelayanan Wisata Danau Toba
Menparekraf Sandiaga Uno/Net
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, untuk memaksimalkan pelayanan wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, fokus pengembangan wisata Danau Toba saat ini adalah penguatan SDM.

Hal itu, dia diwujudkan melalui pemberian pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat lokal di delapan kabupaten/kota sekitar Danau Toba.

"Harapannya bahwa kita bisa mengakselerasi eksekusi dari rencana besar ini agar kita bisa menyiapkan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas yang memiliki bukan hanya infrastruktur yang berkelas dunia, tapi juga SDM yang berkualitas," kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Minggu (13/6).

Sandiaga mengatakan, saat ini generasi muda sekitar Danau Toba dapat mengenyam pendidikan kepariwisataan di Politeknik Negeri Pariwisata di Medan.

"Kami ada Poltekpar yang terletak di Medan tapi nanti akan kami kerja samakan dengan 8 kabupaten/kota ini agar institusi pendidikan di 8 kabupaten/kota menyiapkan SDM yang mumpuni di bidang parekraf," terangnya.

Di samping itu, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menambahkan, sejumlah siswa dari Danau Toba juga diterbangkan ke Bali guna mendapatkan pelatihan pariwisata.

"Kebetulan beberapa waktu yang lalu kami mengirim 80 pelajar SMK di seputar Danau Toba ini untuk mendapatkan pelatihan selama 8 bulan di Bali. Jadi ini adalah bagian dari rencana kita selain membangun infrastruktur juga membangun SDM-nya," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA