Farah.ID
Farah.ID

Yohanes Romero: Airlangga Hartarto Saingan Berat Prabowo Subianto

LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Senin, 14 Juni 2021, 11:35 WIB
Yohanes Romero: Airlangga Hartarto Saingan Berat Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam sebuah kesempatan./Net
Empat gubernur di Pulau Jawa, yakni Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Khofifah Indar Parawansa, dinilai bukan lawan berat bagi Prabowo Subianto yang sejauh ini masih menjadi tokoh paling populer dalam berbagai survei politik.

Lawan terberat Prabowo, menurut Direktur Eksekutif Timur Barat Research Center, Yohanes Romero, adalah Airlangga Hartarto.

Kedua tokoh ini sama-sama ketua umum partai politik papan atas. Prabowo memimpin Partai Gerindra, Airlangga memimpin Partai Golkar.

Untuk sementara, dalam berbagai survei, elektabilitas Golkar mengungguli Gerindra.

Selain itu, keduanya juga merupakan pembantu Presiden Joko Widodo di kabinet.

Yohanes mengatakan, Airlangga juga terbukti menjadi menteri yang paling bisa diandalkan pemerintah dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

“Walau tokoh ini (Airlangga Hartarto) tidak suka mengunakan jabatan dan kegiatan tugasnya sebagai menteri untuk pencitraan, namun ia akan jadi lawan yang berat bagi Prabowo karena mesin politik Golkar merupakan mesin politik terbilang handal untuk berbagai medan,” ujarnya.

Yohanes menambahkan mengatakan, juga ada tokoh berlatar belakang militer atau polisi yang berpeluang menjadi penantang berat Prabowo.

Mereka antara lain adalah Muldoko, Gatot Nurmantyo, Hadi Tjahjanto, dan Budi Gunawan.

ARTIKEL LAINNYA