Farah.ID
Farah.ID

Bersama Kapolda Kalteng, Sugianto Sabran Roadshow Vaksinasi Di DAS Barito

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 14 Juni 2021, 23:11 WIB
Bersama Kapolda Kalteng, Sugianto Sabran Roadshow Vaksinasi Di DAS Barito
Sugianto Sabran bersama Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo saat memantau vaksinasi Covid-19/Net
Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo bersama Kalteng Sugianto Sabran dan Danrem 102/PJG Brigjen Purwo Sudaryanto menggelar roadshow vaksinasi di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, yaitu Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, dan Murung Raya.

Agenda kunjungan kerja ke tiga kabupaten ini adalah dalam rangka untuk memantau langsung pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal Covid-19, yang dilakukan secara serentak se-Kalteng.

Vakasinasi itu sebagai bagian dari upaya untuk mendorong percepatan program vaksinasi, khususnya bagi lansia, pralansia, tenaga pendidik, dan wali murid yang berusia di atas 50 tahun.

"Kami sudah keliling ke beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, termasuk wilayah tengah, di wilayah barat dan kami menyelesaikan untuk mengawasi jalannya vaksin secara massal di Kalimantan Tengah, yaitu di daerah DAS Barito," kata Sugianto Sabran, Senin (14/6).

Sugianto Sabran menegaskan bahwa keberhasilan program percepatan vaksinasi di Kalteng memerlukan sinergi dari seluruh stakeholders, mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, TNI-POLRI, swasta, elemen masyarakat, hingga warga.

"Saya meminta bantuan Kepala Sekolah dan Pak Bupati, gunakan instrumen yang ada di sekolah-sekolah untuk membawa orang tuanya, wali murid itu membawa orang tuanya, kakek neneknya, dan dikasih pemahaman, dikasih sosialisasi, edukasi, bahwa vaksin itu tidak menakutkan," terangnya.

Sugianto Sabran kembali mengingatkan mengenai pentingnya kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan, meski pun nantinya telah mendapatkan vaksinasi.

"Yang penting ini prokes, protokol kesehatan, yaitu memakai masker, terus selalu disiplin, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, terus menghindari kerumunan, menjaga jarak," imbaunya.

Dia berhadap, kegiatan tersebut dapat mewujudkan terlaksananya percepatan capaian vaksinasi, terutama bagi lansia.

"Dengan vaksinasi menyentuh lansia ini, kita bisa mengurangi angka kematian, bahkan tidak ada angka kematian. Dan, kedua bisa kendalikan Covid-19 untuk nanti ekonomi bisa berjalan seperti biasa," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA