Farah.ID
Farah.ID

JK Dan AHY Bisa Cairkan Hubungan SBY-Surya Paloh

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 15 Juni 2021, 17:34 WIB
JK Dan AHY Bisa Cairkan Hubungan SBY-Surya Paloh
Mantan Wakil Presiden, M. Jusuf Kalla/Net
Duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memang potensial untuk memenangkan Pilpres 2024. Keduanya memiliki elektabilitas yang tinggi.

Namun ditenggarai duet ini menghadapi kendala karena ada ganjalan hubungan antara pendiri Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Nadem, Surya Paloh.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan, melihat tipikal SBY dan Surya Paloh sebagai negawarawan, tampaknya persoalan kedua tokoh itu akan mudah mereka selesaikan.

"Keduanya akan berbesar hati meninggalkan ego masing-masing demi kepentingan bangsa dan negara. Tentu kalau kedua tokoh ini yakin duet Anies-AHY nantinya dapat memajukan negara tercinta," ujar Jamiluddin, Selasa (15/6).

Untuk memuluskan hal itu, diperlukan juga pihak ketiga yang dapat menjembataninya. Salah satu sosok yang dekat dengan kedua tokoh tersebut adalah mantan Wakil Presiden, M. Jusuf Kalla.

"JK juga dekat dengan Anies. Sebab, JK orang dibelakang layar yang berperan besar memenangkan Anies dalam Pilkada DKI Jakarta 2017," kata Jamiluddin.

Karena itu, JK sosok paling tepat untuk mencairkan hubungan SBY dan Surya Paloh. Apalagi JK juga terkesan mempunyai kepentingan untuk menyapreskan Anies pada Pilpres 2024.

"Untuk itu, SBY sebaiknya melobi JK untuk mewujudkan duet Anies -AHY. Kemampuan JK dalam hal itu memang sudah tidak perlu diragukan," terang Jamiluddin.

Jamiluddin menambahkan, AHY juga sebaiknya bertemu dengan Surya Paloh dan JK. Dengan Surya Paloh perlu dicarikan kesepahaman diantara mereka sebagai ketua Umum partai.

"Dengan JK, AHY perlu mendapat masukan dan nasehat dalam menghadapi Pilpres 2024, termasuk kemungkinan berduet dengan Anies," ucapnya.

ARTIKEL LAINNYA