Farah.ID
Farah.ID

Covid-19 Kembali Meningkat, Sekjen Gerindra: Pengawasan Prokes Wajib Diperketat

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 15 Juni 2021, 19:02 WIB
Covid-19 Kembali Meningkat, Sekjen Gerindra: Pengawasan Prokes Wajib Diperketat
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani/Net
Masyarakat diminta tetap patuh pada protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Hal itu perlu ditekankan meski tak sedikit orang telah merasa jenuh.

Begitu dikatakan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyikapi peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan. Bahkan varian delta pun telah mewabah di Kudus, Jawa Tengah.

Akibat peningkatan kasus tersebut, pemerintah telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang diperpanjang yakni mulai Selasa 15 hingga 28 Juni 2021.

"Kita sadar masa pandemi ini membuat jenuh. Memakai masker setiap hari, tidak boleh berkerumun dan semua aktivitas dibatasi. Tapi semua pihak mulai tingkat pusat, daerah, desa-desa, RT RW hingga tingkat keluarga harus sadar pentingnya menaati prokes," kata Muzani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/6).

Sambung Wakil Ketua MPR RI ini, peningkatan jumlah positif Covid-19 di beberapa provinsi di Indonesia juga disebabkan melemahnya kontrol dari pemerintah pusat. Ia pun menyarankan pemerintah memperkuat memperkuat sinergi pusat dan daerah agar bisa menekan angka penularan di daerah masing-masing.

Dengan sinergitas tersebut, diharapkan penularan Covid-19 bisa ditekan semaksimal mungkin. Seperti halnya dengan mendirikan kembali pos-pos satgas Covid-19 di perbatasan antarprovinsi, kota, dan kabupaten.

"Termasuk pengawasan protokol kesehatan yang ketat di pusat-pusat keramaian seperti di pasar tradisional, di mal, perkantoran, dan juga di tempat-tempat wisata," tambahnya.

"Selain menaati protokol kesehatan, upaya meningkatkan jumlah vaksinasi juga penting dilakukan kepada masyarakat guna menekan angka penularan virus," pungkasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA