Farah.ID
Farah.ID

KPK Akan Datangi Komnas HAM, Dipimpin Langsung Firli Bahuri

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 15 Juni 2021, 22:20 WIB
KPK Akan Datangi Komnas HAM, Dipimpin Langsung Firli Bahuri
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri/Ist
Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memenuhi panggilan Komnas HAM untuk memberi penjelasan mengenai tes wawasan kebangsaan (TWK) kepada pegawai yang dianggap melanggar HAM.

"Kamis besok KPK akan datang, akan mempersiapkan apa saja yang memang dibutuhkan untuk proses pendalaman, proses informasi, proses klarifikasi, dan mungkin juga akan ada penjelasan lebih komprehensif," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/6).

Komnas HAM telah menerima perwakilan KPK pada Senin lalu (14/6). Dalam lawatan itu, terjadi dialog antara Komnas HAM bersama Biro Hukum KPK dan menyepakati waktu pertemuan.

"Waktunya hari Kamis, jamnya belum ditentukan. Apa saja yang perlu disiapkan sudah kami jelaskan, konteks pemanggilan sudah kami jelaskan," sambung Anam.

Anam berharap, pihaknya bisa menggali keterangan terkait polemik pelaksanaan TWK Pegawai KPK. Hal ini sekaligus untuk mengklarifikasi data-data yang didapat dari sejumlah pihak, termasuk dari 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus asesmen TWK.

"Semoga pengambilan keterangan benar-benar terjadi Kamis besok. Harapannya kami mendapatkan informasi dan klarifikasi yang banyak serta lebih komprehensif," tandas Anam.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA