Farah.ID
Farah.ID

Wacana Lockdown Pulau Jawa Perlu Dipikirkan Secara Matang

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 16 Juni 2021, 10:26 WIB
Wacana Lockdown Pulau Jawa Perlu Dipikirkan Secara Matang
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/RMOL
Lonjakan kasus harian positif Covid-19 di Indonesia yang terus berada d angka 8 ribu kasus dalam beberapa hari terakhir, memunculkan desakan agar pemerintah menerapkan kebijakan lockdown.

Soal desakan itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pemerintah memang perlu memikirkan baik-baik soal langkah apa yang harus diambil dalam mencegah semakin massifnya sebaran Covid-19.

"Saya pikir wacana lockdown di Pulau Jawa harus dipikirkan secara matang," ujar Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6).

Bahkan, kata Dasco, selain memikirkan tentang lockdown sebagai langkah pengetatan pergerakan orang. Pemerintah juga perlu menyiapkan langkah-langkah mitigasi jangka panjang.

"Jadi bukan cuma lockdown, tapi juga mitigasi lonjakan Covid-19 ini harus dipikirkan secara matang, dilakukan tidak tergesa-gesa, namun cepat dan terencana serta terukur," jelasnya.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini meyakini bahwa saat ini pemerintah saat ini sudah menyiapkan skema yang akan disosialisasikan sebelum diterapkan di masyarakat.

"Saya pikir pemerintah, Satgas Covid-19, dan BNPB mungkin telah melakukan beberapa simulasi yang saya pikir akan disosialisasikan kepada masyarakat," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA