Farah.ID
Farah.ID

Awalnya Menakutkan, Polisi Siber Polri Mendapat Apresiasi Dari Komisi III DPR

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 16 Juni 2021, 13:34 WIB
Awalnya Menakutkan, Polisi Siber Polri Mendapat Apresiasi Dari Komisi III DPR
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman/Net
Komisi III DPR apresiasi terobosan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam membuat Polisi Siber untuk mengawasi lalu lintas dunia maya.

"Konsep Polisi Siber yang Bapak buat bisa menjawab persoalan-persoalan," kata anggota Komisi III DPR, Habiburokhman dalam rapat kerja bersama Kapolri, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6).

Habiburokhman menjelaskan, fungsi Polisi Siber ternyata sangat vital dalam mengingatkan pengguna dunia maya yang terkadang tidak sadar telah melakukan pelanggaran hukum.

Walaupun pada awal kemunculannya Polisi Siber menuai kritik karena dianggap akan melakukan pembatasan ekspresi masyarakat.

"Awalnya ditakuti karena dianggap menangkap orang. Ternyata faktanya konsepnya mengingatkan orang atau oknum yang melakukan tindakan sebetulnya melanggar hukum tapi dia tidak begitu menyadarinya," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Habiburokhman berharap pemahaman Polisi Siber dapat diperluas sampai tataran polisi tingkat bawah. Hal ini dalam artian, sampai saat ini Polisi Siber hanya dipahami pada tingkat atas.

"Hanya saja pemahaman saya Polisi Siber ini baru tingkat Mabes. Kalau bisa minimal di tingkat Polda atau Polres. Atau mungkin disinergikan dengan Kamtibmas," ucapnya.

ARTIKEL LAINNYA