Farah.ID
Farah.ID

Johan Budi Ke Kapolri: Copot Dan Pidanakan Kalau Ada Kapolda Dan Kapolres Nakal

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 16 Juni 2021, 16:35 WIB
Johan Budi Ke Kapolri: Copot Dan Pidanakan Kalau Ada Kapolda Dan Kapolres Nakal
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Johan Budi/Net
Komisi III DPR meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk bersikap tegas terhadap bawahan yang terbukti melakukan pelanggaran.

Anggota Komisi III DPR, Johan Budi meminta kepada Jenderal Sigit, jika menemukan anak buahnya yang "nakal", maka harus diberikan sanksi lebih dari sekadar mutasi.

"Sekarang momentum dengan Kapolri yang baru, kemarin juga saya sampaikan ke Jaksa Agung. Jadi kalau ada Kapolres nakal, Kapolda nakal, itu jangan dimutasi, tapi bawa dia ke ranah pidana," kata Johan Budi dalam rapat kerja Komisi III bersama Kapolri, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6).

Politisi PDI Perjuangan itu meminta Kapolri mempidanakan para Kapolda atau Kapolres jika ketahuan main proyek ataupun memeras orang.

"Karena itu masuk pidana menurut saya kalau sudah main-main. Kapolda kalau sudah main-main, Kapolresnya main-main proyek atau meras-meras, itu perlu ditangkap, tidak hanya dimutasi," ujar Johan Budi.

Menurut mantan Plt pimpinan KPK itu, sanksi mutasi tidak cukup apabila ada anggota Polri yang nakal. Tetapi harus dicopot dari jabatan lalu dipidana.

"Nakalnya nakal pidana nih, jangan hanya dimutasi ditempat atau dipindahkan, tapi juga perlu dicopot jabatan, dan juga didipidana," ucap Johan Budi.

ARTIKEL LAINNYA