Farah.ID
Farah.ID

Sandiaga Uno Minta Dibuatkan Event Wisata Keberagaman Skala Internasional Di Singkawang

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 18 Juni 2021, 13:32 WIB
Sandiaga Uno Minta Dibuatkan Event Wisata Keberagaman Skala Internasional Di Singkawang
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno/RMOL
Nilai keberagaman yang dimiliki Indonesia bakal dipromosikan sebagai objek wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meminta dibuatkan satu event berskala internasional untuk mempromosikan keberagaman Indonesia.

Sandi telah menginstruksikan Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat, untuk menyiapkan penyelenggaan event internasional tersebut.

Hal itu disampaikan Sandi kepada Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mei, saat menggelar Rapat Kolaboraksi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan sejumlah Kepala Daerah, Kamis (17/6).

Sandiaga mengatakan, sebagai kota paling toleran, Singkawang harus memiliki event yang mempromosikan keberagaman berskala internasional.

"Untuk Singkawang, saya langsung menugaskan ke ibu, karena ibu ini adalah wali kota  dari kota tertoleran se-Indonesia, sudah selayaknya punya event internasional," kata Sandiaga dikutip melalui keterangan tertulis yang diterima Jumat (18/6).

Sandiaga mengatakan, event yang bakal digelar di Kota Singkawang itu diharapkan bisa mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara. Sehingga mampu mendongkrak perekonomian lokal.

Tujuan lain yang bisa dicapai, sambung Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini, adalah mendekonstruksi narasi perpecahan yang masih muncul dengan cara penyelenggaraan event ini.

"Karena kita punya Bhinneka Tunggal Ika, dan kita ingin buktikan, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang paling toleran. Jadi narasi-narasi perpecahan, kita lakukan kontra narasi, yaitu event internasional," terangnya.

"Ya ini mungkin bisa dikemas baik, bekerja sama dengan dunia usaha. Idenya seperti apa, tapi alangkah hebatnya kalau kita bisa tunjukkan ke mata dunia toleransi Indonesia lewat festival internasional," imbuh Sandiaga.

Menanggapi itu, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mei mengatakan, pihaknya siap mendorong program Menteri Pariwisata di Kota Singkawang.

"Kamis siap, searah dengan instruksi Menteri Pariwisata, bersama kementerian mempersiapkan event internasional, yang mencerminkan kebersamaan dalam keberagaman di kota tertoleran," kata Chui Mei.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA